Sukses

Health

5 Manfaat Konsumsi Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Telur merupakan salah satu produk nabati yang masih menjadi favorit banyak orang. Selain murah dan mudah didapatkan, telur juga mudah diolah. Hanya dengan direbus atau digoreng, telur sudah menjadi lauk yang enak.

Telur kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh. Seperti yang telah diketahui, telur terdiri atas putih telur dan kuning telur. Masing-masing bagian ini memiliki fungsi dan manfaat tersendiri untuk tubuh. Yuk sekarang Sahabat Fimela simak 5 manfaat konsumsi putih telur untuk kesehatan yang dilansir dari Science Scholar Journal.

1. Menjaga Berat Badan

Putih telur merupakan salah satu sumber protein yang rendah lemak. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur bersifat mengenyangkan dan menahan rasa kenyang lebih lama. Sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Tapi, perlu diingat bahwa pola makan keseluruhan juga perlu diperhatikan jika ingin menggunakan putih telur sebagai makanan untuk menjaga berat badan.

2. Pembentukan dan Perbaikan Otot

Kandungan protein yang dimiliki putih telur dapat membantu perbaikan dan memperkuat otot-otot dalam tubuh. Selain itu, kandungan magnesium dalam putih telur dapat berperan untuk mengatur kontraksi otot. Konsumsi putih telur sangat diperlukan untuk orang-orang yang sangat melakukan aktivitas fisik dan menjaga massa otot, salah satunya adalah atlet.

3. Kadar Kolesterol Rendah

Putih telur dapat berperan mengurangi kolesterol makanan yang diproduksi kuning telur. Kolesterol tinggi secara terus menerus dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Tapi, putih telur tidak menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

4. Menambah Energi

Vitamin B dalam putih telur berperan untuk membantu produksi energi dalam tubuh. Meskipun masih dalam kadar yang rendah dibandingkan makanan lain. Putih telur dapat memberikan tambahan energi yang stabil. Sehingga putih telur menjadi pilihan tepat untuk sarapan.

5. Mencegah Hipertensi

Putih telur juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Kandungan kalium ini dapat membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Apabila tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, maka hipertensi (darah tinggi) dapat diminimalisir.

Nah, sekarang Sahabat Fimela sudah mengetahui manfaat konsumsi putih telur untuk kesehatan. Putih telur dapat menjadi sumber protein bagi tubuh. Konsumsi putih telur sekiranya juga perlu diperhatikan agar tidak berlebih. Juga jangan lupa untuk diimbangi dengan olahraga dan konsumsi nutrisi lainnya ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading