Sukses

Health

Cara Buat Rebusan Daun Kemangi yang Segar dan Aromatik untuk Turunkan Asam Lambung

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya menjadi pilihan yang nikmat sebagai lalapan atau bahan tambahan dalam berbagai masakan karena citarasa yang unik, daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mengurangi naiknya asam lambung, bahkan dalam kasus yang parah seperti penyakit refluks gastroesofageal atau GERD.

GERD adalah kondisi yang sangat mengganggu akibat naiknya asam lambung. Saat kondisi ini kambuh, asam lambung yang naik dapat menyebabkan rasa sakit di perut dan sensasi terbakar di dada, yang sering disebut dengan istilah heartburn. Gejala GERD juga sering disertai dengan gejala-gejala umum seperti kembung, rasa begah, mual, kesulitan menelan, dan sensasi tersangkut makanan di tenggorokan.

Mengonsumsi kemangi merupakan salah satu cara yang dapat membantu mengatasi masalah GERD yang sedang akut. Hal ini karena daun kemangi mengandung Eugenol yang memiliki efek antiinflamasi untuk sistem pencernaan. Selain itu, daun kemangi juga dapat mengatur keseimbangan asam dan pH tubuh.

Dari beberapa sumber yang dihimpun, pada hari Rabu (28/2/2024), berikut adalah resep untuk membuat rebusan daun kemangi yang dapat membantu mengatasi masalah asam lambung akut atau GERD.

Penyebab Asam Lambung

Menurut informasi dari halodoc.com, faktor utama yang memicu peningkatan asam lambung adalah adanya penyakit hernia hiatus. Keadaan ini terjadi ketika bagian atas perut dan sfingter bergerak melampaui diafragma, yang bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan asam di dalam perut.

Akibatnya, asam lambung dapat naik ke kerongkongan, menyebabkan terjadinya GERD atau penyakit asam lambung gastroesofageal ini. Di samping itu, peningkatan asam lambung juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti tingkat stres yang tinggi, konsumsi makanan pedas dan berlemak secara berlebihan.

Beberapa Obat-obatan yang Dapat Memicu GERD

Menurut informasi dari situs halodoc.com, sejumlah jenis obat bisa memicu GERD, termasuk:

  1. Benzodiazepin
  2. Inhibitor kalsium
  3. Beberapa jenis obat untuk asma
  4. Obat anti-peradangan non-steroid
  5. Obat antidepresan

Resep Rebusan Kemangi untuk Meredakan Asam Lambung

Agar dapat mengatasi asam lambung saat kambuh, bisa mencoba solusi sederhana berupa rebusan daun kemangi. Caranya adalah:

1. Siapkan beberapa lembar daun kemangi (3-5 lembar)

2. Kemudian didihkan satu gelas air.

3. Setelah itu, masukkan daun kemangi ke dalam air yang sudah mendidih

4. Angkat air rebusan setelah berubah warna.

5. Saringlah air rebusannya sebelum dikonsumsi.

Air rebusan kemangi ini baik dikonsumsi selagi masih hangat untuk membantu meredakan asam lambung yang kambuh.

Kandungan Kemangi

Kemangi dianggap dapat mengatasi masalah asam lambung karena mengandung senyawa-senyawa seperti eugenol, citronellol, dan linalool yang mampu menghambat aktivitas enzim, sehingga efektif dalam meredakan peradangan.

Sifat anti peradangan yang dimiliki daun kemangi tidak hanya bermanfaat dalam mengatasi asam lambung tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan radang usus jika dikonsumsi secara teratur.

Kandungan Lain dalam Kemangi untuk Kesehatan

Mengonsumsi daun kemangi secara teratur dapat membantu dalam melawan dampak buruk radikal bebas pada tubuh, karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam kemangi. Dilansir dari halodoc.com, terdapat dua jenis antioksidan dalam daun kemangi, yakni orientin dan viceninare.

Selain itu, daun kemangi juga mengandung senyawa fitokimia yang berguna dalam pencegahan kanker. Senyawa ini efektif dalam mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, hati, mulut, dan kanker kulit.

Daun Apa yang Paling Berkhasiat untuk Asam Lambung?

Daun sirih juga mampu menetralkan kembali pH lambung sehingga gejala penyakit maag, asam lambung naik, atau perut kembung dapat mereda.

Bagaimana Cara Mengolah Daun Kemangi?

Pertama-tama, daun kemangi segar dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Setelah itu, daun kemangi dimasukkan ke dalam panci berisi air yang sudah mendidih. Daun kemangi direbus selama beberapa menit hingga air mendapatkan aroma dan rasa yang khas.

Saat Asam Lambung Naik Harus Minum Apa?

Minum Air Putih yang Cukup. Hal ini dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

Apa Manfaat Kemangi Dimakan Mentah?

Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan mata, maka mengkonsumsi daun kemangi sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Karena kandungan Vitamin A yang terkandung di dalam daun kemangi mampu menyembuhkan berbagai permasalahan mata yang anda alami.

Langkah Pertama Jika Asam Lambung Naik?

6 Langkah Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

  1. Duduk tegak dan rileks.
  2. Memakai pakaian longgar.
  3. Mengunyah permen karet.
  4. Tidur miring ke kiri.
  5. Minum air hangat.
  6. Minum obat maag.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading