Sukses

Health

4 Manfaat Daun Kelor dalam Mencegah Penyakit Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Tanaman kelor banyak digunakan oleh orang Yunani Kuno dan Romawi karena konon dapat memberi mereka lebih banyak energi dan kekuatan untuk menghadapi perang. Kini, kelor telah dikonsumsi di seluruh dunia.

Setiap bagian dari tanaman kelor bisa dikonsumsi. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah daunnya. Di Amerika Serikat, daun kering kelor bahkan dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul.

Kelor memiliki berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti asam amino esensial, karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan fitonutrien. Isabel Smith, seorang ahli diet sekaligus pendiri Isabel Smith Nutrition menjelaskan bahwa daun kelor dapat mencegah penyakit berbahaya. Simak selengkapnya, yuk!

Menyeimbangkan Gula Darah

Tanaman yang bisa dimakan ini mungkin bisa menjaga kestabilan gula darah kamu menjadi lebih baik. “Kelor dipercaya dapat membantu keseimbangan gula darah berkat asam klorogenat dan isothiocyanates yang dikandungnya,” terang Smith.

Asam klorogenat berpotensi mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengambilan atau pelepasan glukosa (gula) oleh sel setelah makan. Smith menambahkan bahwa penggunaan kelor dapat membantu keseimbangan gula darah dengan efek positif pada kadar gula darah puasa, kadar insulin, HbA1c, dan kontrol glukosa darah secara keseluruhan.

Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Jika kamu berjuang dengan tekanan darah tinggi, menambahkan kelor ke dalam menu makanan kamu secara teratur mungkin akan membuat perbedaan, terutama jika rutinitas kamu mencakup olahraga dan pola makan kaya nutrisi. Bubuk kelor memiliki sifat antihipertensi karena mengandung quercetin.

Antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif pada jantung dan membantu menstabilkan sistem manajemen tekanan darah dalam tubuh. Jika kamu sedang mengkonsumsi obat tekanan darah, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mempertimbangkan pengobatan kelor karena dapat menyebabkan tekanan darah jadi terlalu rendah.

Memperbaiki Kadar Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol yang sehat sangat penting dalam mencegah penyakit jantung. Kabar baiknya, Smith mengatakan bahwa kelor berpotensi menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan tanaman kelor sendiri memiliki aktivitas hipokolesterolemik (penurun lipid) dan antiatereskotik (mencegah penumpukan plak di dinding arteri) yang mendukung kesehatan jantung.

Membantu Melawan Inflamasi

Peradangan merupakan respons fisiologis yang terjadi di dalam tubuh untuk melindungi terhadap infeksi dan memulihkan cedera jaringan tubuh. Di dalam kelor terkandung penangkal peradangan, termasuk fitonutrien, antioksidan, dan senyawa antibakteri. 

Senyawa-senyawa tersebut melawan peradangan dalam tubuh dengan menargetkan radikal bebas (senyawa yang merusak sel) dan sebagai hasilnya mengurangi stres oksidatif. Dengan demikian, kelor dapat membantu meringankan peradangan tingkat rendah yang terkait dengan penyakit kronis.

Demikianlah penjelasan dari ahli diet Isabella Smith tentang manfaat daun kelor dalam mencegah berbagai macam penyakit. Semoga tulisan ini dapat membantu Sahabat Fimela yang tengah mencari pengobatan alternatif dengan daun kelor, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading