Sukses

Health

Cara Efektif Bersihkan Keset Sampai Kinclong Tanpa Detergen, Cukup Gunakan 2 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Meskipun sering diabaikan, keset memiliki sejumlah manfaat yang tak terbantahkan. Keset berperan dalam menjaga agar lantai tidak terkontaminasi oleh debu yang terinjak oleh kaki. Selain itu, keset juga berfungsi untuk menghindari lantai menjadi licin.

Karena kecenderungan untuk diabaikan, kebersihan keset sering kali terabaikan. Padahal, jika keset tidak bersih, kaki yang menginjak akan menjadi kotor dan membuat tidak nyaman.

Seperti halnya perlengkapan rumah lainnya, keset dapat dibersihkan menggunakan detergen. Akan tetapi, jika keset sudah sangat kotor dan berdebu, dibutuhkan usaha ekstra dalam membersihkannya.

Namun, ada cara lain untuk membuat keset bersih dan berkilau tanpa harus mencucinya dengan detergen. Salah satu cara ini diungkapkan oleh seorang pengguna Facebook bernama Fitri Rahmawati, yang menggunakan sedikit bahan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Lantas, apa saja bahan yang digunakan? Jawabannya dapat ditemukan dalam rangkuman berikut yang diposting pada Selasa (30/04/2024).

Soda Kue

Untuk membersihkan keset, hanya perlu menggunakan satu kantong soda kue. Sebarkan soda kue ke dalam wadah yang hendak dipakai. Soda kue yang bersifat alkali efisien dalam menghilangkan noda serta zat asam, dan juga menghilangkan aroma yang tidak sedap dari noda tersebut.

Sabun Cuci Piring

Sebagai alternatif untuk menggunakan detergen, pengganti yang dipilih adalah sekitar satu sendok teh sabun cuci piring. Dengan pH yang netral, sabun cuci piring menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan bahan seperti keset.

Air Panas

Setelah mencampurkan soda kue dan membersihkan piring di dalam mangkuk, langkah selanjutnya ialah menuangkan air panas.

Sebab air panas mempunyai molekul yang bergerak cepat karena energi kinetiknya yang tinggi, noda akan terangkat dengan lebih mudah. Karena itu, gunakan air panas.

Masukkan Keset ke dalam Baskom

Setelah menuangkan air panas ke dalam kedua bahan tersebut, aduklah campurannya sampai merata sebelum memasukkan keset ke dalam baskom. Rendam keset tersebut dan gosoklah dengan sikat hingga semua debu dan kotoran terangkat.

Jika dianggap sudah bersih, bilas kembali keset tersebut dan diamkan hingga kering. Dengan langkah-langkah tersebut, keset yang sebelumnya kotor dan berdebu akan menjadi bersih dan berkilau seperti baru.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Kebersihan Keset

Bagaimana Cara Mencuci Keset?

Siapkan sebuah wadah besar untuk membersihkan keset dengan mencampurkan air hangat dan cairan pembersih di dalamnya. Untuk mengatasi noda yang sulit, tuangkan langsung cairan pembersih ke area yang terkena noda, kemudian biarkan selama lima menit. Sesudah itu, sikatlah sampai noda hilang dan kembalikan keset ke dalam wadah.

Apakah Keset Perlu Dicuci?

Berdasarkan laporan yang diterima dari Germany Brilliant, menjaga kenyamanan penggunaan yang optimal memerlukan pencucian keset secara rutin. Jika kamar mandi sering dipakai dan keset sering basah, direkomendasikan untuk mencucinya seminggu sekali.

Apakah Keset Boleh Dicuci di Mesin Cuci?

Disarankan untuk menghindari mencuci keset menggunakan mesin cuci, terutama keset yang terbuat dari bahan karet. Tindakan ini dapat mengakibatkan kerusakan pada motor mesin cuci dan penyumbatan pada penyaringan.

Berapa Lama Ganti Keset?

Meskipun disarankan untuk menggantinya setiap setengah tahun, sebaiknya keset pintu depan diganti segera jika menunjukkan gejala-gejala keausan.

Keset Terbuat dari Apa?

Keset yang terbuat dari serat polipropilena atau nilon biasanya digunakan untuk melindungi lantai dapur. Keset ini berperan penting dalam mencegah kotoran seperti tumpahan minyak atau cairan lainnya. Di samping itu, material nilon yang tidak licin membantu mengurangi risiko kecelakaan karena tumpahan air, minyak, dan bahan lain di dapur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading