Sukses

Health

9 Tanaman Sehat Penurun Kolesterol yang Aman Dikonsumsi dan Baik Jantung

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi telah menjadi masalah umum di dunia modern ini, terutama di kalangan orang dewasa. Tingginya kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Namun, solusinya tidak selalu harus bergantung pada obat-obatan kimia.

Beberapa tumbuhan alami telah ditemukan memiliki sifat penurun kolesterol yang efektif. Sahabat Fimela bisa mengonsumsi tanaman sehat penurun kolesterol secara rutin. Selain untuk kolesterol, beberapa tanaman sehat juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Jika sedang mengonsumsi obat-obatan, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi tanaman sehat penurun kolesterol. Imbangi dengan pola makan sehat dan olahraga. Di artikel ini, akan mengulas 9 tanaman penurun kolesterol yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol secara alami:

Tanaman Sehat Penurun Kolesterol

1. Kolesom

Tumbuhan kolesom atau Cordia myxa memiliki buah dengan kandungan pektin dan polifenol yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Serai

Serai atau Lemongrass memiliki kandungan kuersetin yang tinggi. Kuersetin adalah senyawa yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsi teh serai atau menambahkannya ke dalam masakan favorit.

3. Bawang Putih

Bawang putih sudah dikenal secara luas sebagai bahan alami penurun kolesterol. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Nikmati bawang putih dalam masakan sehari-hari untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Jambu Biji

Jambu biji mengandung serat larut yang tinggi, terutama pektin. Serat larut membantu menangkap kolesterol jahat di usus dan membuangnya dari tubuh. Selain itu, jambu biji juga mengandung antioksidan yang melindungi kesehatan jantung.

Tanaman Sehat Penurun Kolesterol

5. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi, seperti asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak sehat ini membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Jadikan alpukat sebagai tambahan yang lezat pada salad atau sandwich.

6. Bayam

Bayam mengandung senyawa sterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, bayam juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Tambahkan bagian bayam segar pada berbagai hidangan untuk memberikan manfaat kesehatan tambahan.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol dan katekin yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat. Minumlah secangkir teh hijau setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

8. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek penurunan kadar kolesterol. Kurkumin juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi kesehatan jantung. Tambahkan kunyit sebagai bumbu dalam masakan atau minum susu kunyit untuk pengobatan tradisional yang lezat.

9. Oat

Oat kaya akan serat larut yang disebut beta-glukan. Beta-glukan membantu menyerap kolesterol jahat dan membawanya keluar dari tubuh. Konsumsi oat sebagai sarapan yang sehat untuk menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading