Sukses

Health

Apa itu Burn Out? Kenali Gejalanya dari Sisi Fisik dan Mental

Fimela.com, Jakarta Istilah burn out mungkin sudah tidak asing didengar dewasa ini. Terutama untuk gen Z, istilah ini cukup lumrah digunakan dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, apakah Sahabat Fimela sudah mengetahui arti dan tanda-tanda dari burn out?

Istilah burn out biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh dan lelah dan stres berlebih. Jangan sampai Sahabat Fimela terdampak burn out tanpa mengetahui tanda-tandanya. Dilansir dari laman verywellmind.com, kenali apa itu burn out dan tanda-tandanya sebagai berikut:

 

Apa itu Stres?

Saat seseorang menghabiskan banyak waktu untuk melakukan sesuatu, terkadang tubuh akan merasakan kelelahan. Awalnya hanya kelelahan biasa, namun lama-kelamaan bisa menjadi kelelahan yang berlebih. Nah, inilah yang disebut dengan kondisi burn out.

Burn out adalah reaksi tubuh terhadap stres yang berkepanjangan. Burn out dapat meliputi kelelahan berlebihan pada fisik dan mental seseorang. Sederhananya terdapat beberapa hal yang dialami saat sedang burn out, yaitu kelelahan berlebih, perasaan berkurangnya kemampuan, dan kurangnya konsentrasi.

Tanda Burn Out dari Sisi Fisik

Saat mengalami burn out, tubuh akan memberikan gejala yang bisa Sahabat Fimela kenali. Ada beberapa tanda yang umumnya terlihat saat sedang burn out. Berikut adalah tanda-tanda burn out dari segi fisik:

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Kekebalan tubuh menurun
  3. Sakit kepala
  4. Masalah tidur
  5. Masalah pencernaan

Burn out disebabkan oleh stres berat. Stres berat dapat ditandai dengan gejala sakit kepala, lemas, dan perubahan nafsu makan. Kemudian kondisi ini akan mempengaruhi kondisi tubuh seiring berjalannya waktu.

Tanda Burn Out dari Sisi Mental

Burn out juga dapat dilihat dari segi mental dan emosional. Kenali gejalanya sebelum bertambah parah. Berikut adalah tanda-tanda burn out dari segi mental dan emosional:

  1. Sulit konsentrasi
  2. Suasana hati yang buruk
  3. Kehilangan minat pada sesuatu
  4. Merasa tidak berharga
  5. Keinginan untuk mengakhiri hidup

Jika merasakan tanda-tanda ini kamu harus mulai belajar untuk mengelola stresmu. Jika dalam kondisi yang sudah parah, segera hubungi ahlinya. Jangan pernah merasa sendiri, temui seseorang yang bisa menyemangatimu.

Burn out dapat mempengaruhi keefektifan kinerja dan emosi. Kenali baik-baik tandanya dan cegah sebelum terlambat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading