Sukses

Info

Trik Bikin Daging Beku Cair dalam 5 Menit, Hanya Pakai 2 Bahan Dapur Saja

Fimela.com, Jakarta Memasukkan daging ke dalam lemari es mungkin memang memperpanjang masa simpannya. Tetapi, saat ingin mengolahnya, daging beku perlu dituunggu hingga cair terlebih dahulu agr mudah diolah.

Proses pencairan di suhu ruangan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Lalu, walau bisa mempercepat dengan microwave, tidak semua orang memiliki peralatan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, akun YouTube Godemansoutwest membagikan cara alternatif mencairkan daging beku hanya dengan 2 bahan dapur. Penjelasannya dapat dilihat pada Selasa (7/5/2024).

1. Siapkan Bahan dan Peralatan

Mulai dengan menyiapkan bahan pokok yang dibutuhkan, seperti garam dan cuka. Sertakan juga bahan tambahan:

  • Satu baskom air bersih
  • Plastik kresek bersih

2. Larutkan Cuka dan Garam

Dalam langkah kedua, campurkan garam serta cuka ke dalam sebuah baskom yang berisi air bersih. Aduk hingga garam terlarut sepenuhnya dalam air.

3. Bungkus dan Rendam Daging

Untuk langkah ketiga, bungkuslah daging yang sudah beku dengan plastik, pastikan untuk mengikatnya dengan kencang agar tidak ada celah yang dapat memungkinkan air masuk dan mengenai daging tersebut. Setelah itu, rendamlah bungkusan daging tersebut ke dalam baskom yang berisi larutan cuka dan garam.

4. Diamkan 5 Menit

Pada tahap keempat, penting untuk memastikan bahwa daging tercelup sepenuhnya dalam air. Apabila perlu, gunakan pemberat daging untuk memastikan bahwa daging terendam secara menyeluruh di dalam cairan.

Alasan Daging Beku Bisa Cair Tanpa Microwave

Larutan garam serta cuka dapat mempercepat pemulihan suhu daging yang beku menjadi normal. Garam berfungsi menjaga suhu air agar tetap hangat, sedangkan cuka mengandung asam asetat yang bisa mengempukkan tekstur daging.

Tips Marinasi Daging Agar Empuk

Bahan-bahan:

  • Daging
  • Minyak (zaitun atau minyak sayur)
  • Perasan jeruk nipis/lemon
  • Bawang putih halus
  • Garam merica
  • Bumbu tambahan sesuai olahan daging yang ingin dibuat

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Daging dipotong sesuai dengan keinginan
  2. Mangkuk disiapkan terlebih dahulu, kemudian minyak, perasan jeruk nipis/lemon, garam, merica, dan bawang putih yang sudah dihaluskan dicampur
  3. Jika tersedia, bumbu tambahan ditambahkan ke dalam campuran marinasi tersebut, kemudian diaduk rata
  4. Setelah semua bumbu tercampur merata, daging dimasukkan dan bumbunya diratakan ke seluruh permukaannya
  5. Mangkuk ditutup dan daging dimarinasi selama minimal 30 menit di dalam lemari es
  6. Setelah proses marinasi, daging sudah siap untuk diolah sesuai selera.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Trik Mencairkan Daging Beku

Bolehkah Daging Beku dari Freezer Langsung Direbus?

Tentang proses merebus daging beku, tidak ada larangan yang diberlakukan. Sebagaimana dilaporkan oleh Cookist, Layanan Inspeksi dan Keamanan Pangan USDA menyatakan bahwa daging bisa dimasak tanpa perlu dicairkan sebelumnya.

Apakah Daging Beku Boleh Disiram Air Panas?

Menurut USDA, proses mencairkan daging beku dengan air hangat atau panas serta merendamnya tidak disarankan karena dikhawatirkan dapat memicu pertumbuhan bakteri, demikian saran dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Apakah Daging Beku Boleh Dicuci?

Jika ragu apakah perlu membersihkan daging yang telah dibekukan, tidak perlu melakukan itu jika yang dimaksud adalah jenis daging merah seperti sapi, kambing, atau kerbau. Namun, jika yang akan dimasak adalah daging ayam, disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu.

Apakah Menyimpan Daging di Freezer Harus Dicuci?

Mencuci daging dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri tambahan. Jika daging memiliki kelembaban yang berlebihan sebelum diolah beku atau disimpan di dalam lemari es, risiko terjadinya freezer burn (pembusukan dan oksidasi makanan) dapat meningkat.

Berapa Lama Daging di Freezer Boleh Dikonsumsi?

Menurut lembaga Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, daging bisa ditaruh dalam freezer selama 4 hingga 12 bulan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading