Sukses

Lifestyle

3 Pekerjaan yang Harus Kamu Lalui Sebelum Menjadi Pebisnis

Fimela.com, Jakarta Untuk menjadi pebisnis, kamu harus memiliki pengalaman dan pengetahuan dasar. Pengetahuan bisa kamu peroleh dari seminar dan pelajaran di kampus. Tapi pengalaman enggak akan pernah kamu dapat kecuali kamu terjun langsung ke lapangan. 

Masalahnya, kamu yang belum punya banyak pengetahuan dan pengalaman enggak mungkin langsung praktik berbisnis. Ada beberapa tahap yang harus kamu lalui. Lagi pula, kamu pasti enggak mau berperang tanpa senjata dan baju besi, kan? Makanya, sebelum berbisnis, ada beberapa pekerjaan yang harus kamu lalui. 

Berdagang barang eceran. Jangan anggap remeh pekerjaan ini. Meskipun terdengar sangat sepele di telingamu, berdagang barang eceran ternyata bakal bikin kamu menguasai berbagai kemampuan. Terutama kemampuan untuk mengetahui apa yang diinginkan pembeli. Kamu pasti harus membuka pembicaraan dengannya. Baru kamu bisa menganalisa keiinginan dan kebutuhan konsumenmu. Dan kamu akan belajar bagaimana menyocokkan barang yang kamu jual dengan keiinginan dan kebutuhan pembeli. 

Bekerja di restoran cepat saji. Restoran cepat saji enggak bakal mengajarimu bagaimana mengelola keuangan dan mencari sokongan dana. Tapi, coba lihat koki yang berusaha mengolah makanan, memasaknya dengan baik, tapi juga harus cepat karena orang banyak mengantri. Cara sin koki memasak dengan cepat dan melakukan berbagai pekerjaan pada saat yang sama, dan bahkan harus tetap memberikan makanan yang enak demi memenuhi permintaan pelanggan. Itulah kemampuan yang sebenarnya dibutuhkan semua pebisnis. 

Sales. Sudah jelas, untuk menghasilkan uang, kamu harus menjual sesuatu kepada orang lain. Pertanyaannya, apakah mudah mendapatkan pelanggan tetap? Cobalah untuk bekerja sebagai sales sebuah produk. Untuk mendapatkan satu pelanggan saja sulitnya bukan main. Ini pernah dialami Marry Riana, orang Indonesia yang sukses bekerja sebagai sales asuransi di Singapura. 

Dengan menjadi sales, kamu akan belajar banyak tentang teknik pemasaran dan penjualan. Dan kekuatan serta ketangguhanmu mencari pelanggan akan terlatih. 

Nah, ketiga pekerjaan ini menjadi dasar pengetahuan dan pengalamanmu sebelum memulai bisnis. Kamu pasti membutuhkan kemampuan-kemampuan khusus yang hanya bisa kamu dapatkan dengan bekerja di tiga bidang pekerjaan di atas. Sehingga pengalamanmu akan kaya. ketangguhanmu pun akan ditempa. 

Baca juga: 8 Hal yang Harus Pengusaha Muda Ingat Selama Mengembangkan Bisnis

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading