Sukses

Lifestyle

Mau Buat Aneka Kue? Kenali Dulu Bahan Kue Bagi Pemula Ini

Fimela.com, Jakarta Hi ladies, lagi bengong sore-sore gini enaknya ngapain, ya? Mending bikin kue sambil pantengin Bintang.com. Karena banyak banget resep-resep cake kece yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kali aja rasanya bisa seenak yang ada di resto-resto, amin.

Namun setelah sampai di dapur, hal ini yang paling sering jadi kendala. Beberapa bahan bisa kamu kenali, tapi ada juga yang kamu gak paham fungsinya. Misalnya baking soda dan soda kue? Apa bedanya, ya? Untuk itu kenali dulu bahan-bahan kue yang ada di pasaran dan fungsinya yang sudah Bintang.com rangkum buatmu. Simak, yuk.

1. Apa itu fermipan dan apa fungsinya? Sebenarnya Fermipan itu nama merek dagang. Benda ini merupakan ragi yang dikhususkan untuk membuat kue menjadi mengembang. Misalnya roti, donat, atau bakpau. Fermipan hanya bisa digunakan untuk adonan roti saja ya, guys. Dia gak akan berfungsi di kue kering atau cake. Kamu bisa juga cari merek dagang lain, cuma yang sering banget dijual dipasaran ya Fermipan ini.

Ragi instan | Via: kaskus.co.id

2. Baking Powder merupakan bahan yang juga mengembangkan. Bedanya dengan ragi, baking powder bisa digunakan untuk cake. Baking powder sendiri ada dua jenis, single acting dan double acting. Bedanya, jika kamu memakai baking powder single acting maka kamu harus segera memanggang atau mengukus adonan kue kamu. Sementara double acting, kamu bisa memanggangya nanti. Double acting cocok digunakan jika kamu memasak kue atau cake dalam jumlah banyak.

Baking powder | Via: kaskus.co.id

3. Cream of Tar-tar ini bukan saus tartar, lho. Krim ini membantu mengeluarkan gas dalam adonan kue atau cake supaya lebih mengembang lagi. Biasanya krim tar-tar digunakan saat mengocok putih telur agar mengembang sempurna namun teksturnya lebih kaku.

Krim tar-tar | Via: kaskus.co.id

4. Soda kue atau baking soda ini penggunaannya berbarengan dengan baking powder. Kamu bisa menggunakannya saat membuat kue kering. Cookies yang kamu masak akan lebih memberikan tekstur renyah, kering, serta garing. Namun jika ingin memasak cake, baking powder saja sudah cukup.

Soda kue | Via: kaskus.co.id

5. Emulsifier merupakan bahan pelembut dalam membuat cake. Beberapa merek yang sering ada di pasaran yakni ovalet, TBM, dan SP. Beda merek tentu beda kualitasnya meski fungsinya sama.

Emulsifier | Via: kaskus.co.id

6. Bread improver merupakan bahan yang digunakan dalam adonan roti. Bahan ini membuat kualitas roti lebih kece. Roti bakal lebih empuk, halus seratnya, fermentasi jadi singkat, namun daya simpan lebih lama. Salah satu merek dagang yang dikenal untuk bread improver yakni Unipan.

Bread improver | Via: kaskus.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading