Sukses

Lifestyle

Belajar Kewirausahaan, Kunci Sukses Semua Bidang Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Tidak ada cara lain. Untuk bisa meraih kesuksesan, kamu harus belajar kewirausahaan. Ya, meskipun kamu adalah seorang penulis, penyanyi, pelukis, dan bahkan dokter sekali pun, kewirausahaan adalah jalan satu-satunya mencapai kesuksesan yang gemilang. Mungkin, bagi kamu yang tidak pernah 'bermain' di ranah bisnis dan kewirausahaan mungkin merasa hal ini pasti bakal sulit. 

Tapi coba lihat. Kebanyakan bisnis gagal. Jutaan orang mencoba sekuat tenaga untuk menjadi orang sukses, baik secara finansial dan juga karier. Masalahnya, seberapa banyak pun mereka mencoba, tetap saja akan selalu gagal. 

Sementara itu, ada juga orang-orang yang pada awalnya memulai karier hanya dengan 'goresan' atau berdagang di pinggir jalan. Tanpa gelar sarjana dan latar belakang pengusaha sekali pun. Pertanyaannya, apakah mereka yang sukses hanya karena beruntung? Huffington Post menulis, ternyata ada rahasia di balik kesuksesan mereka, selain kegigihan dan juga ketekunan dalam meniti karier. 

Tidak banyak yang tahu mereka ternyata telah meraih 'sabuk hitam' dalam kewirausahaan. Artinya, mereka menguasai seluruh kunci dan pelajaran kewirausahaan. Inilah yang menjadi alasan mereka bisa sukses dan bisa memenangkan dalam persaingan pasar. 

Belajar Kewirausahaan, Kunci Sukses Semua Bidang Pekerjaan | via: rosssimmonds.com

Meskipun bidang pekerjaanmu musik, inti dari kewirausahaan pun harus kamu terapkan. Kamu harus tahu pasar dan musik apa yang harus kamu buat agar bisa diterima masyarakat. Sekali pun kamu dokter, kamu juga harus bisa 'menjual' dirimu sendiri melalui strategi-strategi kewirausahaan. Tapi tentu saja tanpa harus mengesampingkan tugas mulia sebagai 'penyelamat.'

Kalau sekarang ini kamu sedang berusaha untuk bisa sukses di jalur karriermu, Harry Red dari Huffington Post menyarankanmu untuk belajar tentang kewirausahaan dengan sangat keras. Jangan cuma 'iseng-iseng' belajar. Tapi kamu harus serius mempelajari seluruh strategi. 

Belajar Kewirausahaan, Kunci Sukses Semua Bidang Pekerjaan | via: cloudinary.com

Mulailah dengan membaca puluhan buku tentang kewirausahaan. Baca juga artikel-artikel berisi step by step menjadi pebisnis pemula. Kalau perlu, kamu harus ikut kursus demi mendalami ilmu yang berguna untuk menunjang kariermu. Jangan anggap menjadi penyanyi, pelukis, penulis, dokter, arsitek, dan lainnya tidak berkaitan dengan bisnis. Hampir semua hal di dunia adalah bisnis. Jadi, kalau kamu mau sukses, sebaiknya belajar menjadi wirausaha yang baik mulai dari sekarang, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading