Sukses

Lifestyle

Bisakah Merancang Pernikahan Sebelum Resmi Bertunangan?

Bintang.com, Jakarta Mewujudkan sebuah pernikahan impian memang tak mudah. Selain kesiapan secara mental dari pasangan itu sendiri, persiapan teknis untuk acara nanti pun menguras waktu, tenaga, pikiran, dan juga, ehem, tabungan. Belum lagi proses mencari dan menetapkan vendor untuk membantu merancangnya, juga soal lokasi impian yang mengharuskanmu masuk daftar antrean panjang.

Tidak heran kalau banyak pasangan yang mengambil rentang waktu cukup panjang dari proses lamaran menuju hari pernikahan mereka, karena semuanya benar-benar butuh waktu agar bisa dipersiapkan sematang mungkin. Lalu, bisakah kamu mempersiapkan teknis pernikahanmu itu sebelum resmi bertunangan demi menghemat waktu?

Selama kalian berdua bersepakat hubungan kalian akan mengarah ke sana, tentu bisa saja. Hanya mungkin sebelum pertunangan itu resmi dan dibicarakan dengan kedua belah pihak keluarga, kalian belum bisa mempersiapkannya dengan detail.

Hal utama yang bisa kalian persiapkan mungkin adalah waktu. Tak mengapa belum bisa mengantongi tanggalnya, paling tidak kalian berdua pasti paham sejauh mana kalian sudah siap melangkah ke jenjang pernikahan, dan dari sana kalian bisa sekadar membicarakan perkiraan waktu kalian akan melangsungkan pernikahan tersebut.

Persiapan pernikahan akan menghabiskan banyak waktu. (Foto: diynetwork.com)

Memulai pencarian lokasi pun bisa dilakukan meski tanpa adanya waktu yang pasti kapan pernikahan itu dilaksanakan, kalian tak bisa menjamin apakah kalian bisa melangsungkannya di lokasi yang kalian incar. Karena tentu banyak pasangan lain yang ingin melangsungkan pernikahan di tempat itu, bahkan mungkin sudah mengantongi tanggal pernikahan. Jadi, jangan heran kalau kamu 'kalah saing' soal tempat karena perkara waktu.

Kamu dan dia pun bisa mulai hunting wedding planner lewat internet, dari acara pernikahan orang lain yang kamu datangi, atau datang ke pameran vendor pernikahan yang seringkali diadakan. Kalian bisa mewawancara mereka satu persatu untuk mendapatkan yang paling 'klik' di hati.

Persiapan pernikahan akan menghabiskan banyak waktu. (Foto: weddingsbydzign.com)

Ingin kebaya atau gaun yang spesial untuk acara pernikahanmu nanti? Hunting dari sekarang! Setidaknya kamu bisa mengetahui kebaya atau gaun seperti apa yang ingin kamu kenakan. Dengan modal referensi, nantinya kamu akan lebih mudah menentukan pilihan.

Merencanakan acara pernikahan sebelum bertunangan ibarat 'menabung' persiapan. Jadi, ketika sudah benar-benar tiba masanya nanti, kalian bisa 'bergerak' lebih efisien karena sudah memiliki opsi. Dari sana pun kamu dan pasangan bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan dan memperhitungkannya dengan lebih matang.

Loading