Sukses

Lifestyle

Jadi Traveler Bertanggung Jawab, Apa Saja yang Mesti Diketahui?

Fimela.com, Jakarta Meski berlabel senang-senang, traveling bukan berarti dilakukan tanpa tanggung jawab. Sebagai tamu, kamu mesti menjaga apa-apa yang semestinya dijaga, baik selama perjalanan maupun ketika sampai di suatu destinasi. Berikut sejumlah tips untuk jadi pelancong bertanggung jawab menurut roughguides.com.

Lakukan riset. Poin ini jadi jauh lebih penting jika kamu menggunakan jasa travel agent. Pilih yang bekerja sama dengan komunitas lokal, punya karyawan orang setempat dan memberikan edukasi seputar warisan budaya. Dengan begini, kamu sekiranya membantu pergerakan ekonomi di daerah tersebut dengan lebih tepat.

Travel. (zilmizola/Instagram)

Pilih homestay ketimbang hotel. Masih terkait menggerakkan ekonomi lokal. Dengan memilih homestay, kamu bisa menambah pemasukan warga. Di samping itu, kamu pun bisa belajar dan mengetahui keseharian masyarakat setempat secara utuh.

Minimalisir penggunaan botol. Membawa tempat minum sendiri secara tak langsung membantu mengurangi volume sampah. Bayangkan saja jika sehari kamu membutuhkan sekian botol, maka sebanyak itu pula sampah yang dihasilkan. Selain memerhatikan lingkungan, ini juga merupakan cara berhemat yang efektif.

Travel. (favim.com)

Menerapkan kebiasaan menghargai. Dengan menerapkannya saat travelingtak menutup kemungkinan kebiasaan ini akan terbawa ke keseharian. Kamu harus sadar jika hanya jadi tamu. Karenanya harus menghormati dan menghargai segala bentuk kehidupan dan tradisi yang hidup di suatu wilayah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading