Sukses

Lifestyle

Resep Seblak Basah, Camilan 90-an Khas Bandung

Fimela.com, Jakarta Seblak termasuk kuliner favorit di tahun 90-an. Makanan ini awalnya dikenal di daerah Bandung, Jawa Barat. Setelah dikenal luas di Bandung, Seblak lalu menyebar ke kota-kota lain di Jawa Barat seperti Bogor, Cianjur dan Depok sebagai camilan yang lezat dan menggugah selera.

Seblak sebenarnya termasuk masakan sederhana. Seperti dikutip dari kulineri.com, seblak umumnya terbuat dari kerupuk seblak yang biasanya jenis kerupuk aci berwarna jingga atau kerupuk udang berwarna putih. Setelah itu ditumis dengan bumbu pedas juga aneka topping yang menjadikan seblak sebagai camilan favorit terutama dimakan panas saat udara dingin.

Seblak sampai sekarang masih banyak disukai dan jadi buruan para pencinta kuliner Indonesia. Sayangnya penjual seblak tak mudah dijumpai. Tapi tak perlu kuatir, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan begitu kamu bisa membuatnya sesuai dengan selera kamu sendiri.

Tentunya degan mengikuti resep seblak asli bandung. Seblak khas Bandung punya tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Apalagi seblak basah yang biasanya memakai bahan-bahan seperti bakso, sosis dan ceker ayam yang akan menambah kelezatannya. Seperti dilansir dari resepdanmasakan.com, berikut ini resep membuat seblak basah khas Bandung

Bahan yang disiapkan:

Seblak Basah. foto: cookpad

200 grm kerupuk aci warna warni, atau satu warna saja
5 butir bakso sapi, belah jadi 2 bagian
4 butir telur ayam, kocok dahulu
3 batang sosis sapi, potong tipis bulat
2 batang daun bawang, potong halus
2 sdm penyedap rasa
1 sdm gula pasir putih
5 sdm minyak goreng, untuk menumis
Garam halus secukupnya
Air bersih, secukupnya

Bumbu halus seblak

Seblak Basah. foto: cookpad

15 cabe rawit pedas merah
6 butir bawang merah, kupas dahulu
3 siung bawang putih, kupas dahulu
2 sdt air perasan asam jawa
1 cm kencur, atau disebut cikur
1 butir tomat matang

Cara pembuatannya:

Rebus semua bahan kerupuk dengan air mendidih sampai kerupuk lembek dan lentur, angkat lalu tiriskan. Lalu siram atau rendam dengan air dingin, sebentar saja lalu sisihkan.

Seblak Basah. foto: cookpad

Tumis bahan yang dihaluskan sampai tercium aroma harum, kemudian tuangkan kedalam tumisan air putih satu gelas sedang, tunggu sampai agak mendidih

Masukkan kerupuk, aduk sampai kerupuk terendam semua dan tunggu sampai kuah sedikit menyusut. Tambahkan telur kocok, potongan sosis, potongan bakso, dan daun bawang, aduk sampai tercampur.

Seblak Basah. foto: cookpad

Masukkan penyedap rasa, gula pasir, dan garam secukupnya, sampai rasa benar-benar pas. Angkat dan sajikan seblak basah dalam mangkuk atau piring saji.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading