Sukses

Lifestyle

5 Cara Agar Kamu Tak Lagi Sering Pikun Menurut Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap hari, kamu mungkin sering lupa akan sesuatu saat kamu hendak pergi ke luar rumah. Misalnya, kamu lupa kunci atau lupa mematikan kompor. Nah, kadang hal kecil seperti ini justru jadi bikin bahaya, lho.

Selain bikin bahaya, kamu pun jadi susah untuk konsentrasi dan bekerja. Soalnya, bukan cuma hal-hal kecil saja yang kamu lupa, tapi juga hal penting. Misalnya, kejadian beberapa tahun lalu, atau bahkan lupa menaruh dokumen kantor. Bahkan, ada, lho, orang-orang yang sering lupa dengan pekerjaan yang harus dia keerjakan!

Tipe pikun. (Ilustrasi: .policymic.com)

Selian membahayakan hidup, pikun atau sering lupa ini juga bikin hidupmu lebih susah. Dilansir dari Prevention, pikun memang berkaitan dengan usia dan melemahnya fungsi otak. Meskipun begitu, anak-anak muda juga banyak yang pikut. Nah, dari kacamata kesehatan, kamu bisa mencegah dan mengurangi pikun dengan beberapa cara.

Fokus

ilustrasi Fokus dan Konsentrasi Saat merealisasikan angan (sumber. Boldsky.com)

Sering banget kamu lupa akan banyak hal karena kamu nggak fokus dalam melakukan hal tersebut. Misalnya, kamu diminta bos untuk mengerjakan sesuatu. Saat mendengarkan instruksi, kamu nggak fokus. Saat itulah, setelah kamu mendengar araan, kamu langsung lupa dengan apa yang diperintah. Supaya bisa lebih fokus, kamu bisa melakukan olahraga, terutama yoga. 

Trik Mudah

Ilustrasi (iStock)

Otakmu, diciptakan seperti laci yang menaruh berbagai informasi. Informasi yang disimpan dengan rapi adalah memori atau ingatan. Saat kamu mencari satu hal, otak akan mencari secara otomatis, dengan beberapa 'keyword' seperti mesin pencari informasi di Internet. Nah, kalau kamu lupa akan sesuatu, pastikan kamu mengaitkan kata-kata kunci lainnya agar ingatanmu kembali. 

Catatan

Membuat daftar pekerjaan yang banyak bisa membuat Anda tidak produktif (foto : lifehack.org)

Jangan malu dengan segudang catatan yang harus kamu bawa ke mana-mana. Kalau repot dengan buku catatan, kenapa nggak catat saja semua hal yang harus kamu lakukan? 

Klorofil

Ternyata, resep para selebritas untuk membuat wajah mereka tetap cerah sepanjang waktu adalah klorofil.

Kamu tahu, kan klorofil yang ada pada daun-daunan atau sayuran hijau? Nah, klorofil kalau kamu konsumsi, bisa membersihkan racun-racun dan kotoran yang ada pada tubuh. Termasuk kotoran-kotoran yang ada pada sela-sela jaringan otak. Dilansir dari Prevention, jaringan otak yang bersih akan membantu meningkatkan performa otak untuk mengingat. 

Olahraga

Begini cara cerdas agar kamu tetap bisa olahraga saat cuaca panas. (Sumber Foto: PureWow)

Kalau kamu nggak mau yoga, masih banyak olahraga lain yang bikin tubu tetap bugar dan sehat. Tubuh yang bugar akan membantu untuk lebih fokus dan juga jernih saat berpikir. Kamu bisa pilih olahraga senam, gym, dan lainnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading