Sukses

Lifestyle

Cara agar ayam goreng kriuknya sempurna, berikut tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng tepung yang kriuknya super renyah memang yang paling enak. Selama ini mungkin kita cenderung beli ayam goreng yang sudah jadi di restoran cepat saji demi menikmati ayam yang kriuk. Tapi membuat sendiri ayam goreng kriuk di rumah tidaklah terlalu sulit.

Untuk membuat ayam goreng tepung yang renyah dan kriuk tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada sejumlah tips yang bisa langsung dicoba untuk menghasilkan sajian yang sempurna. Selengkapnya, yuk simak detailnya di sini.

1. Menggunakan air es untuk campuran adonan

Ingin mendapatkan tekstur kulit tepung yang krispi? Gunakan air es untuk campuran adonan. Karena kalau memakai air biasa, tekstur krispi biasanya tidak akan tahan lama.

2. Menggunakan tepung beras atau tepung jagung

Tambahkan tepung jagung atau tepung beras pada adonan. Kalau cuma pakai tepung terigu, nanti hasilnya tidak akan terlalu keras dan kurang krispi.

3. Jangan memasukkan telur pada adonan basah

Biasanya kita perlu dua jenis adonan untuk membuat ayam goreng tepung: adonan basah dan adonan kering. Nah, untuk adonan basah tak perlu dicampur dengan telur lagi. Cukup larutkan air es pada adonan basah untuk menciptakan tekstur kulit tepung yang renyah.

4. Baluri daging ayam dengan adonan kering sambil diremas-remas

Untuk menciptakan tekstur keriting pada kulit ayam, ketika membaluri adonan kering perlu sambil diremas-remas. Gunakan ujung jari untuk meremas-remasnya agar hasilnya sempurna. Kemudian tepuk-tepukkan potongan ayam, lalu segera goreng. Ayam yang sudah dibaluri adonan sebaiknya memang tak didiamkan karena nantinya keriting tepunya bisa hancur.

5. Goreng dengan api kecil dan jangan terlalu sering dibalik

Panaskan minyak dengan api kecil. Nanti baru setelah minyak sudah benar-benar panas, masukkan ayam goreng. Meski bakal butuh waktu lebih lama untuk matang, tapi dengan api kecil ini nanti matangnya bisa sempurna. Selain itu, jangan terlalu sering dibalik. Cukup satu atau dua kali balik agar kriuknya tidak hancur.

Nah, sekarang sudah siap untuk membuat ayam goreng yang kriuknya sempurna? Semoga tips di atas bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading