Sukses

Lifestyle

Inilah Cara Yang Benar Membaca Tanggal di Kemasan Makanan

Saat belanja di supermarket atau toko terdekat, apakah Anda membiasakan diri mengecek tanggal kadaluarsanya?

Yeap, tentu. Hal yang satu ini wajib Anda lakukan agar tidak mendapatkan produk yang ternyata sudah kadaluarsa dan tak layak dikonsumsi.

Pun demikian, mengetahui tanggal kadaluarsa saja tak cukup, karena seringkali Anda juga dibingungkan dengan adanya tanggal-tanggal lain yang tertera pada produk. Apa artinya kalau ternyata ada pack by date, P/M, used by date, sell by date di dalam kemasan, inilah cara membaca tanggal pada kemasan seperti dikutip dari Wikipedia.com.

Apabila ada lebih dari 2 tanggal

Bila di kemasan tertera lebih dari 2-3 tanggal berbeda, maka ada beberapa cara membacanya. Tanggal tersebut biasanya memainkan peran tersendiri. Misalnya, tanggal pertama adalah untuk tanggal produksi, tanggal kedua tanggal dikeluarkannya produk tersebut dari pabrik, dan tanggal sisanya adalah tanggal yang menginformasikan tentang kadaluarsa.

Kode P/M

Artinya adalah product by atau manufactured by. Kode ini biasanya disertai tanggal yang menjelaskan tanggal produk tersebut dibuat. Biasanya ada kode singkatan tertentu untuk nama perusahaan.

Kode pack by date

Adalah kode tanggal tercetak pada kemasan yang menjelaskan kapan produk tersebut dipacking oleh produsen atau distributornya. Biasanya, kode ini terdapat pada minuman seperti kopi, teh, manisan atau buah kaleng.

Kode sell by date

Tanggal tersebut menjelaskan kapan barang keluar dari pabrik produsen yang kemudian disalurkan pada distributor atau pada konsumen. Tanggal ini biasanya dicantumkan pada frozen food atau makanan yang segera harus disimpan atau diperlakukan spesial.

Kode use by date atau used before

Tanggal ini merupakan tanggal peringatan bagi konsumen tentang masa kadaluarsa sebuah produk. Ia juga menerangkan kondisi terbaik produk tersebut boleh dikonsumsi. Biasanya kode seperti ini tercantum pada produk fermentasi.

Kode best by date atau Expired date

Tanggal ini menunjukkan tanggal kadaluarsa. Biasanya terdapat pada setiap kemasan makanan dan fungsinya untuk mengingatkan konsumen agar tidak mengonsumsi makanan tersebut kalau sudah melewati tanggalnya.

(vem/bee)
;
Loading