Sukses

Lifestyle

5 Hal Perlu Kamu Perhatikan Saat Menanam Dan Merawat Bunga di Pot

Saat musim hujan seperti sekarang ini, menanam serta merawat tanaman atau bunga adalah suatu hal yang cukup mudah dan banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Sejak pertama hujan mulai turun, setidaknya banyak orang telah beramai-ramai membeli bibit bunga, bibit buah atau bibit sayuran untuk ditanam. Hal ini tentu bukan tanpa alasan Ladies. Pada dasarnya, di musim hujan tanaman akan lebih mudah hidup dan tumbuh subur selama penanaman dan perawatan yang dilakukan dengan baik.

Walau tanaman akan lebih mudah hidup dan tumbuh di musim hujan, kamu jangan senang dulu lho ya. Apalagi, bagi kamu yang berniat menanam dan merawat bunga di pot. Salah dalam penanaman dan perawatan, bunga yang ada di pot justru akan lebih mudah mati. Lantas, gimana caranya untuk menanam dan merawat bunga di pot? Dari pengalaman sehari-hari juga dikutip dari laman boldsky.com, berikut cara untuk menanam dan merawat bunga di pot.

    Pilih Benih Yang Sehat Dan Berkualitas Baik

    Hal pertama yang perlu kita perhatikan saat menanam dan merawat bunga adalah pilih bibit tanaman yang sehat dan berkualitas baik sebelum bibit itu ditanam. Sadar atau tidak, bibit yang baik juga akan melahirkan tanaman atau bunga yang baik pula. Sedangkan bibit yang buruk akan melahirkan tanaman atau bunga yang buruk pula.

    Pilih Pot Yang Baik Dan Sesuai Dengan Besar Kecil Bunga

    Hal kedua yang sangat perlu kamu perhatikan saat menanam dan merawat bunga di pot adalah pot bunga. Pilihlah pot yang baik dan ukurannya sesuai dengan besar kecil bunga sebelum kamu menanam bunga.

    Biasanya nih ya, bunga akan lebih mudah dan lebih subur hidup di pot yang berbahan dasar semen atau tanah. Tapi jangan khawatir, bunga yang ditanam di pot plastik juga bisa tumbuh subur selama sistem perairan di pot tersebut baik. Jika bunga yang akan kamu tanam cukup besar, pilih pot yang besar pula. Dan jika bunga yang hendak di tanam kecil, kamu bisa menggunakan pot yang kecil saja.

    Jumlah Tanah Dan Pupuk Kompos Untuk Menanam Bunga

    Hal ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah tanah dan pupuk kompos yang hendak kamu gunakan untuk menanam bunga. Perbandingan yang baik agar bunga bisa tumbuh subur di dalam pot adalah 2:1. Arti perbandingan ini adalah, jika kamu pakai 2 liter tanah, gunakan 1 liter pupuk kompos. Asal kita tahu, kompos yang berlebihan digunakan sebagai media tanam tidak akan membuat tanaman tumbuh subur. Sebaliknya, tanaman bisa saja dengan mudah akan mati yang disebabkan kelembaban tanah yang berlebihan atau unsur hara pada kompos membuat akar tanaman panas.

    Jangan Terlalu Sering Menyiram Bunga

    Hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan saat menanam dan merawat bunga adalah hindari menyiram bunga terlalu sering. Jika bunga disiram terlalu sering dan kadar air pada media tanam berlebihan, hal ini bisa menyebabkan akar tanaman atau bunga membusuk dan mati. Untuk tanaman yang memang suka dengan air, tidak masalah jika kamu menyiramnya setiap hari. Tapi, untuk tanaman yang tak suka dengan air, pastikan untuk menyiramnya secukupnya saja.

    Bertanam Dengan Ikhlas Dan Cintai Tanaman Dengan Hati


    Banyak orang mengalami kegagalan saat mencoba menanam bunga atau menanam hal lainnya. Padahal, bibit yang digunakan adalah bibit terbaik, perbandingan tanah dan kompos sudah baik, menyiram bunga dilakukan seperlunya saja dan pot yang digunakan pun pot yang baik. Lantas, kenapa tanaman atau bunga masih juga mati? Jawabannya hanya sederhana Ladies, apakah kamu sudah bertanam dengan ikhlas dan mencintai tanaman dengan hati?

    Beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa ia menanam hanya karena ingin terlihat rajin atau karena hanya iseng saja dan tidak mencintai tanaman dengan hati. Jika kamu adalah orang ini, berarti kamu belum sepenuhnya bisa mendapat tanaman yang subur dan indah. Pasalnya, tanaman atau bunga akan tumbuh subur, indah dan cantik ketika penanamnya menanam ia dengan perasaan cinta dan gembira.


Entah mitos atau bukan, tapi, saya pernah punya pengalaman ketika saya menanam dengan hati dan berharap tanaman tersebut akan tumbuh subur serta cantik, maka tanaman yang saya tanam juga akan tumbuh seperti apa yang saya inginkan. Sebaliknya, ketika saya menanam dengan asal-asalan, maka tanaman tersebut tidak bisa tumbuh dan hidup dengan baik. Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menanam dan merawat bunga di pot. Jika kamu punya tips lain, jangan lupa share kepada kita semua ya. Selamat bertanam dan buat lingkungan rumahmu makin sehat serta indah dengan bunga.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading