Sukses

Lifestyle

Bukan Tampilan, Ini Yang Dinilai Orang Saat Pertama Kali Bertemu

First impression mungkin akan jadi hal yang dinilai dari seseorang saat pertama kali bertemu. Itulah mengapa, seringkali orang akan berdandan dalam versi terbaiknya agar bisa disukai orang. Namun ada hal lain yang dinilai orang pertama kali pada diri kita selain penampilan.

Orang akan memberikan penilaian sepersekian detik saat pertama kali bertemu, dan bukan penampilan yang jadi poin penting. Seperti yang dikatakan penulis buku karir Presence, Amy Cuddy, bahwa orang-orang akan bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan ketika pertama kali bertemu dengan seseorang. Pertama, Bisakah aku mempercayai orang ini? dan kedua adalah Bisakah aku respect terhadap orang ini?

Para psikologis percaya bahwa orang-orang akan mencoba melakukan penilaian terhadap tingkat kompetensi dan keramahan seseorang, apalagi jika masuk dalam dunia kerja profesional, karena penampilan bisa menipu.

Amy Cuddy mengatakan, "Kehangatan atau keramahan seseorang adalah hal paling krusial menentukan apakah seseorang bisa dipercaya atau tidak. Tingkat kompetensi menyusul setelahnya, menjadi nilai evaluasi terakhir terhadap seseorang.

Itulah mengapa, tampil dengan kepribadian yang hangat, ramah, terbuka, dan dapat dipercaya adalah nilai penting yang harus selalu kamu bawa ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, apalagi saat wawancara kerja. Tapi tentu saja, penampilan yang baik mampu meningkatkan kemungkinan kamu akan dipercaya dan dihormati.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Banyak Deadline Bikin Stres? Ini Tips Agar Kerjaan Semua Beres
Artikel Selanjutnya
Oh No! 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menghambatmu untuk Sukses