Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Insomnia Menurut Ahli Kesehatan!

Fimela.com, Jakarta Tidur malam hari adalah waktu istirahat paling ideal dan paling dibutuhkan tubuh untuk kembali segar dan mampu menjalani aktivitas secara normal. Namun beberapa orang mengalmai masalah susah tidur di malam hari atau insomnia parah hingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Bukan hanya it, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep tahun 2005 bahkan menemukan bahwa orang-orang yang mengalami insomnia lebih rentan sepuluh kali lipat mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Untuk itu penting sekali mengatasi insomnia. Dilansir dari WebMD, ini beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Terapi ruangan gelap

Selalu matikan lampu kamar. Menjaga ruang kamar tidur gelap dan sunyi akan memberikan suasana nyaman yang memunculkan rasa kantuk. Bersiap tidur lebih awal untuk mmebiasakan diri.

2. Olahraga rutin

Menghabiskan energi dengan cara olahraga akan membuat tubuh lebih mudah mengantuk dan tertidur karena tubuh kelelahan. Rutin olahraga akan secara alami meningkatkan kualitas tdiur dan durasi tidur di malam hari.

3. Jangan terlalu kenyang atau lapar

Perut lapar akan membuat pikiran tidak tenang dan sulit tidur, begitu juga jika terlalu kenyang. Perut yang terlalu penuh akan menyulitkan diri untuk bernapas. Jadi jangan makan terlalu banyak atau terlalu kenyang sebelum tidur. Batas terakhir makan paling tidak 3 jam sebelum tidur.

4. Jangan tidur siang hari

Ketika tubuh sudah mendapatkan tidur di siang hari sebagai ganti kurang tidur malam hari, maka siklus itu akan terus terjadi. Sebaliknya tahan agar tidak tidur siang hari agar bisa mengantuk dan tertidur malam hari.

5. Jangan merasa khawatir

Ketika seseorang punya banyak pikiran dan hal untuk dikahwatirkan, seringkali orang akan kesulitan tidur. Jangan merasa terbebani oleh sesuatu. Untuk mengurangi rasa cemas, berlatihlan pernapasan, tuliskan apa yang membuatmu khawatir dan tidurlah.

6. Mandi sebelum tidur

Mandi sebelum tidur juga mampu memberi kenyamanan sehingga membuat tubuh rileks dan cepat mengantuk. Kalaupun tidak mandi, usahakan menjaga suasana kamar sejuk, tidak terlalu dingin maupun terlalu gerah.

7. Berhenti begadang dan minum alkohol

Hentikan kebiasana buruk begadang yang membuat tubuh terbiasa terjaga di malam hari. Hentikan juga konsumsi minuman berlkohol karena bisa mengganggu waktu tidur, bahkan bisa menimbulkan masalah tidur lainnya.

Itu dia sekian hal yang bisa dilakukan jika merasa insomnia dan kesulitan tidur malam.

Loading
Artikel Selanjutnya
Susah Bangun Pagi? Lakukan 4 Cara Ini Agar Bebas dari Kesiangan
Artikel Selanjutnya
Susah Tidur? Coba Latihan Pernapasan Ini untuk Mengatasinya