Sukses

Lifestyle

Cara Memasak Nasi Liwet Pakai Rice Cooker

Fimela.com, Jakarta Nasi liwet dimasak pakai rice cooker? Memangnya bisa? Bisa, dong. Selama kita menggunakan rice cooker yang anti lengket, kita bisa memasak nasi liwet yang harum menggoda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak nasi liwet pakai rice cooker. Selengkapnya, yuk simak keterangannya di sini.

1. Pakai Beras Pulen

Jenis dan kualitas beras sangatlah penting untuk menghasilkan nasi liwet yang enak. Disarankan untuk memakai beras pulen bila akan memasak nasi liwet pakai rice cooker. Beras pulen akan lebih mudah matang merata ketika dibuat nasi liwet.

2. Bumbu Ditumis sebelum Dimasak Bersama Beras

Bumbu dasar untuk nasi liwet, seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, kencur, dan serai, bisa ditumis terlebih dahulu. Setelah itu bisa langsung kita campurkan dalam beras yang akan kita masak pakai rice cooker.

3. Takaran Air Seperti Menanak Nasi Biasa

Takaran air yang kita gunakan untuk membuat nasi liwet pada dasarnya sama seperti takaran air yang kita pakai untuk menanak nasi biasa. Untuk 3 cangkir beras, biasanya kita butuh 600 ml air. Kalau ingin mendapatkan hasil nasi liwet yang lebih sedap, kita bisa menggunakan air kaldu.

4. Pilih Jenis Lauk yang Proses Masaknya Cepat

Ikan teri, abon, dan ayam suwir bisa jadi pilihan lauk yang pas untuk nasi liwet yang dimasak dengan rice cooker. Untuk memudahkan proses pemasakan dan agar cepat matang, pilih jenis lauk yang proses memasaknya cepat.

Cukup mudah bukan untuk memasak nasi liwet pakai rice cooker? Semoga tips-tips di atas bisa memudahkanmu membuat nasi liwet yang enak dengan aroma yang menggugah selera.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading