Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ISTP, si Mandiri yang Mudah Bosan

Fimela.com, Jakarta ISTP (introverted, sensing, thinking, perceiving) merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Orang dengan tipe kepribadian ISTP ini umumnya dikenal suka menghabiskan waktu berpikir sendiri dan sangat mandiri. Selain itu, seorang ISTP juga sangat menyukai hal-hal baru dan mencoba berbagai pengalaman baru. Hanya saja seorang ISTP juga bisa sangat gampang bosan.

Seperti yang dilansir dari verywellmind.com, seorang ISTP juga punya kecenderungan suka membongkar berbagai benda atau barang untuk mencari tahu fungsi dan cara kerjanya. Untuk lebih mengenal tipe kepribadian ISTP ini, yuk kita ketahui lima ciri paling umum dari seorang ISTP.

1. Sangat Berorientasi pada Hasil

Orang dengan kepribadian ISTP sangat berorientasi pada hasil. Ketika ada masalah, ia akan langsung berusaha untuk mencari penyebabnya dan mencoba berbagai macam solusi untuk menemukan jalan keluarnya. Tidak bisa hanya diam dan menunggu saja. Seorang ISTP bisa tampak pendiam tapi bisa cukup ramah dan mudah berteman dengan orang-orang di sekitarnya.

2. Menyukai Pengalaman-Pengalaman Baru

Suka mencoba hal-hal baru. Selalu bersemangat mencari pengalaman-pengalaman baru, bahkan tak segan mengambil risiko. Hal inilah yang membuatnya kadang mudah bosan. Sehingga selalu mencari berbagai cara untuk mencoba hal-hal baru yang membuantya bisa kembali bersemangat. Kegiatan yang memacu adrenalin seperti bungee jumping, surfing, dan balapan bisa jadi kegiatan yang sangat disukainya.

3. Selalu Berusaha Objektif saat Menilai Sesuatu

Ketika menilai sesuatu, seorang ISTP akan berusaha untuk objektif. Meski dia punya prinsip atau nilai-nilai yang diyakininya secara pribadi, dia akan tetap melakukan yang terbaik untuk bisa memberi penilaian yang jujur.

4. Kurang Peka dalam Memahami emosi

Seorang ISTP bisa dikenal sebagai orang yang kurang peka dalam memahami emosi atau perasaan. Baik itu emosi orang lain maupun emosi diri sendiri. Bahkan terhadap emosi sendiri, seorang ISTP bisa mengabaikannya. Memahami emosi sendiri saja kadang susah, apalagi mencoba memahami emosi orang lain.

5. Bisa Tetap Tampak Tenang di Saat Krisis

Pada saat-saat tertentu, seorang ISTP bisa terlihat sangat pendiam dan tertutup ketika menghadapi krisis. Namun, pada saat yang seperti ini sebenarnya ia sedang berusaha untuk tenang dan tetap berpikiran jernih. Di sini ia bisa tampak begitu mandiri karena berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Sejumlah orang terkenal di dunia juga memiliki tipe kepribadian ISTP ini, seperti Clint Eastwood, Zachary Taylor, Alan Sepherd, Amelia Earhart, dan Han Solo (karakter di Star Wars). Apakah Sahabat Fimela di sini ada yang merasa punya kepribadian ISTP? Atau mungkin ada orang-orang terdekat yang memiliki tipe kepribadian ini?

;
Loading