Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ESFP, si Spontan yang Suka Perhatian

Fimela.com, Jakarta ESFP (extraverted, sensing, feeling, perceiving) merupakan satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator. Orang dengan kepribadian ESFP biasanya dikenal menyukai hal-hal spontan dan suka menjadi pusat perhatian. Sangat diandalkan juga untuk menjadi penghibur atau pencair suasana.

Seperti yang dilansir dari verywellmind.com, psikolog David Keirsey memaparkan bahwa sekitar empat hingga sepuluh persen penduduk dunia memiliki kepribadian ESFP ini. Apakah kita termasuk yang memiliki tipe kepribadian ESFP ini? Yuk, coba kita ungkap beberapa ciri umum kepribadian ESFP berikut ini.

1. Menyukai Hal-Hal yang Spontan

Saat berusaha menyelesaikan masalah, seorang ESFP lebih mengandalkan insting dan mempercayai kemampuannya sendiri untuk mencari solusi atau jalan keluar. Kurang suka mengikuti aturan, perintah, dan strukter. Dalam bertindak, lebih suka langsung spontan tanpa harus meluangkan waktu untuk membuat rencana atau jadwal.

2. Menyukai Hal-Hal yang Bisa Langsung Dicoba

Hanya belajar teori tanpa praktik langsung akan membuat seorang ESFP gampang merasa bosan. Ia lebih suka hal-hal yang bisa langsung dicoba. Paling suka belajar dari pengalaman langsung.

3. Menyukai Perhatian

Suka cari perhatian. Suka jadi pusat perhatian. Seorang ESFP bisa sangat menyukai perhatian. Meski tidak secara sengaja meminta perhatian dari orang-orang di sekitarnya, tapi karakternya bisa dengan mudah menarik perhatian orang lain.

4. Bisa Sangat Perhatian pada Orang di Sekitarnya

Seorang ESFP bisa cukup mudah mengetahui dan medeteksi perasaan orang lain. Sikapnya bisa sangat hangat dan perhatian pada orang-orang di sekitarnya. Karakternya yang suka bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain juga menjadi nilai plus sendiri baginya.

5. Suka Mencoba Hal-Hal Baru

Rutinitas yang monoton bisa membuatnya gampang bosan. Orang dengan tipe kepribadian ESFP pun cenderung menyukai hal-hal baru. Selalu semangat bila diajak untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Tapi kadang kurang memikirkan konsekuensi dari tindakan yang dilakukannya sekarang karena fokusnya lebih pada yang terjadi sekarang dan memikirkan dampaknya belakangan.

Beberapa orang terkenal yang memiliki kepribadian ESFP ini, antara lain Bill Clinton, Pablo Picasso, Mark Cuban, dan Will Smith. Bahkan tokoh fiksi dalam Harry Potter, Fred dan George Weasley juga digambarkan memiliki tipe kepribadian ESFP.

Tipe kepribadian ESFP memang punya daya tariknya sendiri. Jadi, apakah ada di antara kita yang memiliki kepribadian ini atau mungkin ada orang terdekat kita yang memiliki kepribadian ESFP ini?

Loading