Sukses

Lifestyle

Berapa Lama Udang Bisa Disimpan di dalam Kulkas?

Fimela.com, Jakarta Udang adalah salah satu sea food yang paling mudah didapat di pasar. Membeli udang dalam keadaan segar tentu menjadi kriteria utama, namun jangan sampai kesegaran udang lenyap begitu saja hanya karena sahabat Fimela tak tahu bagaimana cara menyimpan udang dengan baik.

Banyak orang penasaran, sebenarnya berapa lama udang bisa disimpan di kulkas? Karena sebenarnya udang mudah sekali busuk atau tidak segar lagi jika dibiarkan di suhu ruangan, apalagi di udara bebas yang hangat dan lembap.

Udang lebih baik segera ditaruh di dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam freezer. Ruangan kulkas biasa hanya akan memperlambat proses pembusukan, namun tidak secara efisien bisa meningkatkan lama penyimpanan udang segar. Udang bisa tahan 3-6 bulan lamanya dalam keadaan beku, seperti dilansir dari Still Tasty.

Jadi, lebih baik segera simpan udang segar yang tidak segera dimasak ke dalam freezer, seperti dilansir dari Eat by Date. Menyimpan udang dalam wadah tertutup di dalam freezer akan mencegah kontaminasi udara dan menghambat kontaminasi bakteri. Jika ingin mengolah udang, tinggal mengeluarkan udang secukupnya dari freezer, cairkan dan siap diolah sesuai selera.

Apakah udang harus disimpan dalam keadaan sudah dibersihkan atau tidak? Semua ini kembali ke preference masing-masing. Jika membersihkan kotoran udang sebelum menyimpannya di freezer lebih disukai, maka silahkan lakukan. Jika langsung menyimpannya juga tak masalah. Namun memang lebih baik jika paling tidak dicuci sebentar, sebelum menyimpannya di wadah bersih di freezer. Udang bisa dibersihkan lebih lanjut ketika ingin diolah saja.

Bagaimana cara membedakan udang masih segar atau tidak? Rasakan saja teksturnya, apakah jadi lembek, karena udang yang segar memiliki tubuh padat, tidak lembek dan berair. Baunya juga tidak menyengat jika masih segar. Ini adalah tanda paling umum.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mencegah Santan Tidak Pecah dengan Tepung Beras
Artikel Selanjutnya
Cara Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket