Sukses

Lifestyle

8 Menu Sarapan Tradisional Paling Disukai Orang Indonesia!

Fimela.com, Jakarta Ada banyak menu makanan Indonesia dan beberapa di antaranya sering dijadikan menu sarapan dan memang paling cocok dimakan di pagi hari. Namun apa saja kira-kira menu makanan tradisional atau nusantara yang paling populer jadi menu sarapan? Yuk cek daftarnya!

1. Pecel

Nasi pecel dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa ditemukan di mana saja. Umumnya memang dijual pagi hari sebagai sarapan karena memberikan kesan segar dan menyehatkan, memenuhi gizi yang memakannya. Disajikan dengan nasi putih, sayuran rebus dituang dengan bumbu kacang lengkap dengan lauk tempe goreng, dadar jagung dan peyek.

2. Soto

Soto menjadi pilihan kedua menu sarapan berkuah yang mampu membangkitkan selera makan. Umumya yang menjadi pilihan sarapan adalah soto ayam karena lebih ringan (tidak berlemak seperti soto daging) ketika dimakan. Perasan jeruk nipis menambah kesegaran soto ayam yang sering disajikan panas.

3. Nasi uduk

Nasi uduk memiliki daya tariknya sendiri sebagai menu sarapan karena memiliki banyak lauk yang mendampingi nasi gurih yang telah diolah dengan santan atau bumbu rempah. Nasi uduk seringkali dibungkus untuk jadi bekal sarapan pagi yang enak dan mengenyangkan.

4. Bubur ayam

Bubur ayam menjadi menu ringan pengganjal perut di pagi hari, sangat cocok untuk pencernaan yang telah istrahat selama semalaman karena tidak mencerna makanan dengan berat. Bubur ayam memberi kehangatan dengan rasa gurihnya yang nendang.

5. Lontong sayur

Lontong sayur tidak menggunakan nasi sebagai dasar makanan. Agar tidak terlalu mengenyangkan, nasi diganti dengan lontong atau ketupat. Karena kuah sayurnya sudah bersantan dan memiliki rasa yang kuat, lontong sayur cukup menggugah selera makan di pagi hari.

6. Sayur sop

Sayur sop adalah pilihan yang sehat untuk mereka yang menyukai makann bergizi dan ringan di pagi hari. Sayur sop bisa ditambah lauk bervariasi, seperti tempe goreng, tahu goreng, telur mata sapi, telur dadar dan lainnya sesuai selera.

7. Sayur bening

Sayur bening, seperti halnya sayur sop memiliki sisi menariknya sendiri dalam menggungah nafsu makan. Cukup sederhana, namun sayur bening yang disajikan dengan nasi hangat, lauk ayam goreng atau telur dadar, tak lengkap jika tanpa sambal yang nendang.

8. Nasi putih dan telur dadar

Terkadang orang tak sempat masak dan hanya bisa menyajikan saraan super sederhana seperti nasi putih dan telur dadar, ada juga yang lebih suka telur mata sapi. Begini saja sudah enak dan mengenyangkan. Tentu saja, setiap orang memiliki pilihan berbeda mengenai pilihan menu sarapan di pagi hari.

Tapi tentu sekian makanan di atas sangat menggugah selera makan di pagi hari ya?

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Makanan Khas Indonesia Ini Mendunia, Mana Kesukaanmu?
Artikel Selanjutnya
Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia, Populerkan Daun Kelor di Mata Dunia