Sukses

Lifestyle

5 Olahan Ikan Asin Sedap, Cocok untuk Lauk Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin kita tahu bahwa cara termudah mengolah ikan asin adalah dengan menggorengnya. Ikan asin goreng memang bisa jadi pelengkap aneka lauk. Tapi ikan asin juga bisa diolah jadi aneka hidangan sedap juga, lho.

Untuk lauk sehari-hari hingga bekal untuk makan siang, ikan asin bisa dibuat jadi olahan sedap. Kali ini Fimela akan merekomendasikan beberapa olahan yang bisa dibuat dari ikan asin. Dengan menambahkan bumbu sederhana dan beberapa bahan lain, kita bisa membuat olahan ikan asin yang lezat.

1. Tumis Sayur Ikan Asin

Ikan asin jambal bisa diolah dengan kacang panjang, buncis, wortel, dan taoge untuk jadi tumis sayur ikan asin yang sedap. Dengan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, daun bawang, gula, dan merica, kita sudah bisa membuat lauk yang sedap dengan ikan asin.

2. Oseng Terong Ikan Asin

Ada terong di rumah? Sekalian saja dibuat jadi oseng terong ikan asin yang sedap. Ikan asin jambal yang digoreng dan disuwir halus bisa diolah dengan terong ungu dan bumbu bawang cabai untuk jadi olahan yang nikmat.

3. Tumis Keciwis Ikan Asin

Keciwis atau cuciwis merupakan salah satu jenis sayuran keluarga brokoli yang bisa dimakan dan diolah menjadi masakan enak, salah satunya yang paling mudah adalah dengan cara ditumis. Tumis keciwis ikan asin bisa jadi lauk yang sedap untuk dinikmati dengan nasi putih hangat. Pakai bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, garam, dan gula pasir kita sudah bisa membuat menu yang istimewa dari ikan asin.

4. Ikan Asin Balado

Punya ikan asin pakang? Cocok banget diolah jadi ikan asin balado. Dengan bumbu halus yang terdiri dari bawnag merah, bawang putih, cabai merah, dan air, kita sudah bisa membuat olahan ikan asin yang enak. Ditambah bumbu gula pasir, garam, dan asam jawa, ikan asin balado ini memiliki cita rasa asam manis yang istimewa.

5. Oseng Sambal Ikan Asin

Olahan ikan asin yang satu ini gampang banget dibuatnya. Oseng sambal ikan asin bisa dibuat dengan bumbu daun bawang cincang, cabai rawit, cabai merah, tomat, bawang putih, bawang merah, dan minyak goreng secukupnya. Bisa dinikmati dengan aneka lauk pauk dan sayur lainnya.

Ada berbagai macam olahan ikan asin yang bisa dibuat dan dimasak sendiri di rumah. Kira-kira olahan mana nih yang paling disuka dan favorit?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Nangka Goreng Wijen
Artikel Selanjutnya
Resep Sederhana Pasta Fusilli Saus Tomat