Sukses

Lifestyle

Cara Memasak Sayur Tumis Buncis Agar Tetap Hijau

Fimela.com, Jakarta Sayuran yang dimasak tumis dan memiliki warna tetap hijau serta segar tentu menjadi idola banyak orang. Sayuran yang masih hijau meski sudah dimasak hingga matang juga menambah selera makan. Namun sayangnya, saat memasak sayur khususnya sayur buncis, kita sering mendapati sayur jadi berwarna gelap atau pucat setelah dimasak.

Agar sayur buncis tetap hijau setelah dimasak, bagaimana ya caranya Sahabat Fimela? Dari pengalaman ibu-ibu di grup facebook dengan akun Langsungenak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasak sayur buncis agar tetap hijau.

Rebus Dulu Sayur Buncis

Sebelum dimasak tumis, usahakan untuk merebus sayur buncis dengan air mendidih. Tak perlu lama-lama, merebus buncis atau sayur sejenisnya ini cukup selama 3 sampai 5 menit. Jika buncis sudah cukup matang, angkat kemudian tiriskan. Masak buncis dengan bumbu yang disiapkan sebentar saja.

Masak dengan Waktu Cepat

Masak Pakai Api Besar

Agar buncis yang dimasak tumis tetap hijau, pastikan untuk memasaknya dengan api besar. Buncis dan sayuran lainnya yang dimasak dengan api besar akan lebih cepat matang namun tidak mengubah warnanya. Usahakan agar menumis bumbu terlebih dahulu sebelum memasukkan sayuran ke wajan. Tutup wajan selama memasak agar buncis matang merata.

Masak dengan Waktu Cepat

Memasak sayur buncis sebaiknya tidak terlalu lama. Buncis dan sayur lainnya perlu dimasak dengan waktu yang cepat agar perubahan warnanya tidak terlalu signifikan. Sayuran membutuhkan waktu memasak tidak lebih dari 5 menit untuk dapatkan warna yang lebih hijau dan segar.

Tambahkan Air Panas

Saat menumis buncis tidak jarang kita akan menambahkan air agar sayur matang merata. Disarankan agar air yang ditambahkan adalah air panas atau mendidih agar buncis juga lebih cepat matangnya tanpa mengubah warnanya.

Itulah beberapa cara unyuk memasak sayur buncis agar tetap hijau dan kelihatan segar. Cara yang sangat mudah ya. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba Sahabat Fimela.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Oseng Kecambah Gurih Pedas
Artikel Selanjutnya
5 Inspirasi Masakan Enak dengan Bahan Dasar Sayur Bayam