Sukses

Lifestyle

7 Kebiasaan Makan yang Bantu Bikin Langsing selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Niat puasa selama bulan Ramadan memang harus untuk ibadah. Agar mendapat banyak pahala dan berkah, puasa yang kita lakukan selama bulan Ramadan harus selalu dilandasi dengan niat ibadah. Bila sudah didasari niat beribadah yang kuat, puasa bisa kita jalani dengan hati yang lebih tenang.

Selain itu, kita juga bisa mendapat bonus tubuh yang lebih langsing selama Ramadan. Untuk bisa mendapatkan bonus tersebut, penting untuk memerhatikan pola makan kita. Dilansir dari hamad.qa, ada beberapa hal yang bisa kita upayakan agar berat badan bisa turun selama Ramadan. Selengkapnya, mari simak di sini.

1. Pilih lebih banyak menu yang direbus atau dikukus untuk sahur dan berbuka puasa. Batasi konsumsi makanan yang terlalu berminyak.

2. Ganti makanan atau kudapan berpemanis dengan buah-buahan segar. Misal, konsumsi 3 buah kurma bisa dijadikan pengganti atau alternatif segelas minuman sirup.

3. Konsumsi buah dan sayur segar tanpa menambahkan terlalu banyak minyak zaitun, garam, atau cuka. Penggunaan mayonaise juga perlu dibatasi.

4. Minum banyak air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

5. Batasi konsumsi makanan dengan rafinasi karbohidrat dan gula, sepertiroti manis dan aneka kue kering manis.

6. Awali berbuka dengan makanan sederhana yang mudah dicerna. Saat azan Magrib berkumandang waktunya berbuka, sebaiknya tidak langsung makan besar. Coba awali dengan mengonsumsi makanan sederhana seperti tiga buah kurma atau semangkuk sup hangat. Dengan cara ini kadar glukosa darah bisa kembali normal dengan lebih baik dan dapat membantu mengontrol nafsu makan biar tidak kalap.

7. Beri jeda antara waktu makan dan tidur. Seperti ketika selesai tarawih, lalu langsung makan lagi, sebaiknya setelah itu tidak langsung tidur. Coba beri jeda terlebih dahulu sebelum tidur malam hari. Begitu pula saat sahur, setelah makan sahur jangan langsung tidur, lebih baik salat subuh terlebih dahulu atau luangkan waktu beberapa menit sebelum tidur kembali (bila memang ingin tidur lagi setelah sahur).

Imbangi juga dengan aktivitas olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh. Semoga puasa kali ini bisa lancar semua, ya. Tetap semangat menjalankan ibadah seoptimal mungkin di bulan Ramadan kali ini.

 

Loading