Sukses

Lifestyle

Kenapa Berat Badan Sedikit Bertambah Selama Masa Haid?

ringkasan

  • Selama haid, berat badan naik dan perut semakin membuncit dan kembung.
  • Ternyata hal ini disebabkan oleh bertambahnya massa air dalam tubuh.
  • Hormon estrogen meningkat dan menahan air dalam tubuh sehingga berat badan meningkat 2 kg atau lebih selama masa haid.

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa lebih sulit bergerak dan cepat lelah saat beraktivitas? Atau, jeans terasa semakin sempit bahkan sudah sulit dikancing? Anehnya lagi, biasanya kamu mengalami hal ini setiap kali sedang haid. Lantas, menggemukkah tubuhmu selama datang bulan? 

Dilansir dari Women's Health Magazine, sebagian orang bahkan bisa naik berat badannya sekitar 2 kg atau bahan lebih selama masa haid. Menurut Lauren Streicher, MD, seorang profesor klinis di Northwestern University Feinberg Schpool of Medicine, ternyata kamu tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan ini. 

Pasalnya, selama haid, berat badan naik karena massa air dalam tubuh meningkat karena PMS. Jadi, selama masa PMS dan haid ini, tubuh sebagian perempuan menahan massa air untuk sementara, dan berat badan yang bertambah tersebut akan hilang dengan sendirinya usai masa haid. 

Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan bertambahnya massa air dalam tubuh selama masa haid ini? 

Hormon

Penyebab lainnya berat badanmu meningkat selama haid adalah karena hormon estrogen yang meningkat. Hormon ini juga merupakan bagian dari siklus menstrual perempuan. Tepat sebelum masa haid, menurut Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis obsetorik dan ilmu reproduktif di Yale School of Medicine, tingkat hormon yang tinggi inilah yang menyebabkan cairan dalam tubuh tertahan. 

Sehingga selama masa haid kamu merasa kembung, perut lebih buncit, dan menyebabkan naiknya berat badan 2 kg bahkan lebih. Jadi, jangan takut kalau kamu merasa lebih gemuk selama haid. Berat badan akan kembali normal setelah masa menstruasi. 

Simak Video Berikut

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading