Sukses

Lifestyle

4 Tips Efektif Melangsingkan Perut dengan Planking

ringkasan

  • Awali dengan Stretching
  • Lakukan 60 Detik Sebanyak 3 Kali
  • Utamakan Melakukan dengan Postur yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Untuk melangsingkan atau merampingkan perut, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Menjaga pola makan menjadi syarat utamanya. Selain itu, ada olahraga yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perut langsing. Salah satunya adalah planking.

Planking ini bisa dilakukan di rumah. Dengan bantuan matras, kita bisa latihan planking secara rutin. Tapi untuk mendapatkan perut langsing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasil dari olahraga planking bisa optimal.

1. Awali dengan Stretching

Lakukan beberapa gerakan peregangan otot sebelum planking. Supaya otot dan sendi tidak cedera ketika planking, penting bagi kita untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Planking memang relatif mudah dilakukan. Tapi bila langsung dilakukan begitu saja tanpa pemanasan, hasilnya malah otot tubuh akan sakit dan nyeri semua.

2. Lakukan 60 Detik Sebanyak 3 Kali

Dilansir dari thehealthy.com, untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, kita bisa melakukan planking sebanyak tiga kali dengan masing-masing sesi menahan posisi planking dalam waktu 60 detik. Pendiri PhilanthroFIT di New York City, Doug Sklar menyebutkan bahwa menahan posisi planking selama 60 detik dalam memperkuat otot inti tubuh. Tapi bagi yang masih baru mencoba planking, tak harus menahan selama 60 detik bila belum sanggup. Bisa dicoba perlahan-lahan saja.

3. Leher dalam Posisi Netral

Albert Matheny, RD, CSCS, pendiri bersama SoHo Strength Lab menjelaskan bahwa saat melakukan planking, posisi leher sebaiknya tetap dalam posisi netral. Jari-jari tangan dilebarkan atau dikepalkan sesuai kenyamanan, posisi bahu dibuka, pergelangan tangan dalam sudut 90 derajat dengan lengan menekan permukaan matras, dan posisi kedua kaki sejajar bahu. Bila belum terbiasa melakukannya, bisa coba lakukan dan tahan selama 10 detik dulu pada setiap sesinya.

4. Utamakan Melakukan dengan Postur yang Tepat

Percuma jika melakukan planking dalam waktu yang lama tapi ternyata posisi atau posturnya salah. Karena hal tersebut hanya akan membuat sendi dan tulang belakang sakit bahkan cedera. Jadi, ada baiknya untuk latihan melakukan planking dengan posisi serta postur yang tepat terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan perut langsing, olahraga planking perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang rutin. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu mengoptimalkan hasil dari planking yang kamu lakukan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Aerobik bagi yang Jarang Olahraga
Artikel Selanjutnya
Tips Olahraga untuk Darah Rendah, Perhatikan 3 Hal Penting Ini