Sukses

Lifestyle

Hindari Makan Berlebih Karena Stres, Ini Caranya

Fimela.com, Jakarta Stres bisa membuatmu melakukan apapun, termasuk makan berlebih. Makan berlebih karena stres menjadi satu hal yang umum, namun ada beberapa cara untuk menghindarinya.

Dilansir dari purewow.com, Rabu (9/10/2019), berikut ini adalah beberapa cara menghindari makan berlebih karena stres. Penasaran bagaimana?

1. Perhatikan tingkat kelaparanmu

Memperhatikan tingkat kelaparanmu dapat mengidentifikasi apakah kamu makan karena memang lapar atau sekedar emosi. Semakin baik kamu memahami emosimu, semakin baik kamu bisa mengendalikan kebiasaan makan yang tidak sehat.

2. Meditasi

Meditasi dapat mengurangi tingkat stres secara keseluruhan, karena meditasi dapat mengubah keadaan pikiran.

3. Istirahat

Jika kamu merasakan keinginan untuk makan karena stres, ambil waktu untuk istirahat sejenak dari apa yang kamu lakukan. Cara ini memiliki efek langsung pada pikiran untuk melepaskan diri dari stres.

 

4. Mengonsumsi makanan nabati

Selama kamu mengalami stres tinggi, coba sediakan dan konsumsi makanan seperti sayuran, kacang-kacangan, dan alpukat untuk menjaga tingkat energi.

5. Pastikan untuk tidur yang cukup

Kebiasaan makan berlebih cenderung mengganggu tidur. Ketika kamu tidak cukup tidur, andrenalin menjadi tidak seimbang, kadar kortisol naik, dan menjadi semakin sering makan.

6. Tetap terhidrasi

Penting untuk minum banyak air jika kamu merasa sedang stres. Perasaan lapar atau lelah sebenarnya bisa jadi kamu sedang dehidrasi. Hindari minuman manis, perbanyak minum air dan minuman hangat.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Aroma yang Dapat Membantumu Mengatasi Kecemasan dan Stres
Artikel Selanjutnya
Bertahan pada Pekerjaan yang Penuh Tekanan, Ini 4 Dampaknya pada Tubuhmu