Sukses

Lifestyle

5 Kreasi Telur Ceplok Sambal yang Sedap Menggugah Selera

ringkasan

  • Telur Ceplok Sambal Bawang
  • Telur Ceplok Sambal Saus Tiram
  • Telur Ceplok Sambal Teri

Fimela.com, Jakarta Telur ceplok memang paling mudah dibuat. Menikmati telur ceplok dengan kecap dan nasi putih hangat pun sudah cukup mengenyangkan. Eh, tapi kalau mau yang cita rasanya lebih istimewa, coba bikin telur ceplok sambal.

Ada banyak sekali kreasi telur ceplok sambal yang bisa dicoba. Berikut ini sejumlah kreasi telur ceplok sambal yang bisa dibuat sendiri di rumah. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Telur Ceplok Sambal Bawang

Siapkan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, gula pasir, gula merah, garam, dan kaldu bubuk. Haluskan semua bahan tersebut. Setelah itu, tumis dengan sedikit minyak sampai matang. Siapkan telur ceplok, siramkan sambal bawang di atas telur ceplok. Telur ceplok sambal bawang siap dinikmati.

2. Telur Ceplok Sambal Saus Tiram

Siapkan irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan cabai hijau, dan irisan tomat. Tumis semua bahan dengan sedikit minyak. Tambahkan saus tiram. Aduk rata. Masukkan telur ceplok. Tambahkan sedikit air. Masak hingga air agak menyusut. Angkat dan sajikan telur ceplok sambal saus tiram dengan nasi putih hangat.

3. Telur Ceplok Sambal Matah

Bawang merah, cabai merah, daun jeruk, dan batang serai yang bagian putihnya, diiris atau dirajang semua. Setelah itu, panaskan minyak. Masukkan terasi, aduk hingga tercampur rata. Masukkan semua bahan yang sudah diiris ke dalam minyak. Aduk sebentar. Matikan api. Siramkan sambal matah ke telur ceplok dan tambahkan air perasan jeruk lemon secukupnya.

4. Telur Ceplok Sambal Teri

Siapkan telur ceplok dan teri yang sudah digoreng. Haluskan cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih. Tumis dengan sedikit minyak. Tambahkan gula dan garam. Aduk rata. Masukkan telur ceplok dan teri. Aduk sebentar sampai tercampru rata. Telur ceplok sambal teri siap dihidangkan.

5. Telur Ceplok Sambal Ijo

Didihkan air. Masukkan cabai hijau dan bawang merah, matikan api. Aduk sebentar dan biarkan airnya dingin terlebih dahulu. Setelah ditiriskan, bawang merah dan cabai hijau diulek. Kemudian, tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Tambahkan garam dan kaldu sesuai selera. Koreksi rasa. Siramkan sambal ijo di atas telur ceplok.

Membuat telur ceplok sambal tidak terlalu sulit, kan? Semoga info ini bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menghaluskan Lagi Gula Halus yang Menggumpal
Artikel Selanjutnya
Tips agar Karedok Tidak Berair Setelah Dicampur Bumbu