Sukses

Lifestyle

5 Makanan Ini Efektif Lancarkan Buang Air Besar saat Konstipasi

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang bisa mengalami konstipasi di waktu tertentu, entah karena makanan yang dimakan, kondisi fisik yang stres, kurang minum air putih dan berbagai alasan lainnya. Meski seringkali orang tak mau makan saat konstipasi atau susah buang air besar karena perutnya terasa penuh, tapi ada baiknya mengatasi masalah konstipasi dengan makanan.

Seperti sekian makanan berikut yang ternyata ampuh mengatasi konstipasi.

1. Apel

Buah apel memang buah ajaib untuk segala permasalahan kesehatan. Serat buah apel yang mudah larut mengandung pektin yang memiliki efek laksatif sehingga mampu mendorong sisa makanan yang telah diproses di dalam usus dan memudahkan buang air besar.

2. Pir

Buah pir bukan hanya mengandung serat yang mudah larut namun juga air yang banyak sehingga sangat tepat membantu mendorong sisa makanan untuk dibuang keluar tubuh. Pir terutama mengandung sorbitol yang memiliki kemampuan osmosis sehingga menstimulasi pergerakan usus dan mendorong kotoran yang menunpuk untuk dikeluarkan.

3. Kiwi

Meski tidak tampak memiliki serat kasar namun kiwi sangat kaya serat yang mampu mensimulasi pergerakan usus sehingga memecah kotoran bertahan terlalu padat sehingga memudahkan proses buang air besar.

4. Kedelai

Rata-rata kedelai dan berbagai macam biji-bijian mengandung serat tinggi sehingga mampu mendorong pergerakan usus. Serat yang mudah larut akan melunakkan kotoran yang tertahan sehingga mudah dikeluarkan.

5. Ubi

Ubi juga memiliki serat yang mudah larut seperti pektin, selulosa, dan lignin, dan mampu membantu mengeluarkan gas yang terahan di dalam perut. Bukan hanya membantu melancarkan buang air besar, ubi juga efektif menurunkan berat badan.

Itu dia sekian makanan yang bisa dikonsumsi jika sedang konstipasi atau susah buang air besar, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading