Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengetahui Telur Masih Bagus atau Tidak Sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Telur perlu dilihat apakah masih segar atau tidak sebelum dimasak, apalagi jika sudah disimpan lama di rumah atau di kulkas. Meski menjadi bahan makanan yang cukup awet meski dibiarkan begitu saja, namun telur termasuk bahan mentah dan pasti akan mengalami penurunan kualitas bahkan busuk jika tidak segera diolah.

Untuk mengetahui apakah telur masih layak dimasak atau tidak, ini cara mengetahui.

1. Kocok telur yang masih utuh

Sebelum memecahkannya, kocok dulu telur sebentar dan dengarkan apakah ia menimbulkan suara atau tidak. Cangkang telur sebenarnya punya pori-pori yang bisa dimasuki udara dari luar dan semakin lama akan merusak membran telur yang ada di dalam. Jika telur yang dikocok menimbulkan suara, berarti telur sudah tak baik atau mengalami penurunan kualitas meski sebenarnya masih bisa dimasak.

2. Sinari telur

Ambil senter atau lihat di bawah bohlam lampu untuk menyinari telur agar tahu bagian dalamnya masih baik atau tidak. Jika kuning telur berada di tengah, tanda telur masih baik. Jika kuning telur di samping berarti telur sudah berumur lama atau hampir tak layak dimasak.

3. Celupkan ke dalam gelas berisi air

Mengapung tidaknya telur di dala air juga bisa menentukan usia telur. Jika tenggelam hingga ke dasar dalam posisi tidur, telur masih memiliki berat maksimal dan itu tanda masih segar. Semakin mengapung ke atas semakin buruk kualitas telur.

4. Pecahkan dan lihat konsistensinya

Telur yang segar ketik dipecakan akan cenderung kental putih telurnya, dan warna kuning telurnya masih kuning pekat dan bulat cantik. Sedangkan jika sudah lama, putih telur akan cenderung cair atau encer, dan kuning telurnya mudah pecah atau warnanya pucat.

5. Aroma telur

Telur yang masih segar tidak akan menimbulkan bau amis yang menyengat. Telur yang berumur akan lebih amis dan tak sedap.

Itu dia sekian cara mengetahui apakah telur masih layak diolah dan dikonsumsi atau tidak. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading