Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Saus Lada Hitam yang Pedas dan Gurihnya Pas

Fimela.com, Jakarta Ketika membuat steak sendiri di rumah atau ayam goreng dengan bumbu siram, mungkin salah satu pilihan saus yang akan terpikirkan di otak adalah saus lada hitam. Dengan rasanya yang tidak terlalu pedas di lidah namun tetap bisa memberikan kesan pedas yang ringan, saus lada hitam cocok dinikmati siapa saja.

Tapi terkadang susah membuat sendiri saus lada hitam yang enak dan gurihnya pas. Apa yang kira-kira diperlukan agar bisa membuat saus lada hitam yang nikmat? Perhatikan sekian hal ini.

1. Margarin dan bawang bombay

Selain lada hitam sendiri, bawang bombay dan margarin merupakan kombinasi bumbu khas yang harus ada ketika ingin membuat saus lada hitam karena kedua bahan ini yang mempu memberikan rasa gurih dan sedap. Tumis bawang bombay cincang hingga matang dengan margarin yang sudah dipanaskan.

2. Paduan saus tiram, gula dan air kaldu

Agar mendapatkan saus yang kaya rasa, pastikan memadukan bumbu saus tiram, gula pasir dan kaldu ayam atau sapi. Gunakan resep 200 ml air kaldu dengan 1 sdm saus tiram dan 1 sdt gula pasir. Aduk rata sebagai saus dasar sebelum dicampur dengan lada hitam.

3. Gunakan lada hitam butir

Lada hitam butiran yang dihaluskan sendiri memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan lada hitam bubuk kemasan. Lada hitam yang segar bisa langsung dihaluskan, atau disangrai sebentar agar aromanya semakin keluar, kemudian tumbuk halus.

4. Larutan maizena

Jangan lupa mengentalkan saus dengan campuran tepung maizena dan sedikit air. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam saus yang dimasak hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Pastikan larutan maizena tidak terlalu kental karena rentan menggumpal ketika dituang ke dalam saus lada hitam.

Nah, itu dia sekian tips yang bisa diikuti jika ingin membuat saus lada hitam yang nikmat di rumah. Semoga bermanfaat Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading