Sukses

Lifestyle

Cara Mengolah dan Memasak Kwetiau agar Tak Mudah Hancur

Fimela.com, Jakarta Jika ingin masak kwetiau di rumah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kwetiau mudah patah dan putus jika dimasak. Tidak seperti jenis mie lainnya yang lebih kuat dan tidak mudah putus, meski memiliki tekstur kenyal namun kwetiau lebih mudah hancur.

Karena alasan inilah, sebaiknya kwetiau diolah dengan benar sebelum dimasak. Ini dia caranya.

1. Rendam air panas

Ketika membeli kwetiau kering, banyak orang tak tahu bahwa kwetiau sebenarnya perlu direndam dulu sebelum bisa dimasak. Tak perlu direbus karena akan hancur. Cukup rebus air hingga mendidih. Kemudian tempatkan kwetiau di mangkuk yang cukup dalam. Tuang air panas di atasnya, tunggu 7-10 menit. Cek jika sudah lembek, angkat dari air panas.

2. Rendam air dingin setelahnya

Jika masih menunggu menyiapkan bumbu untuk memasak kwetiau, segera tiriskan kwetiau yang sudah matang, dan rendam ke dalam air es atau air dingin untuk menghentikan pemasakan kwetiau sekaligus membuatnya memiliki tekstur kenyal dan tidak mudah patah dan hancur ketika dimasak nanti. Air dingin juga menjaga kwetiau tidak saling menempel satu sama lain.

3. Tuang minyak wijen

Jika tak punya air dingin, tiriskan kwetiau dan langsung campur dengan minyak wijen secukupnya, ini akan membuat mie kwetiau tidak saling menempel dan mudah diolah nantinya. Minyak wijen juga menambah cita rasa sedap pada kwetiau.

Nah, itu dia sekian cara mengolah kwetiau sebelum memasaknya lebih lanjut. Silahkan dipraktekkan di rumah ya.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading