Sukses

Lifestyle

Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh saat Berpuasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Mendekati bulan Ramadan, tentunya kita sudah harus memikirkan menu sahur dan buka puasa apa saja yang mencukupi vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tentunya kamu harus mengonsumsi sayur saat berbuka ataupun sahur. Mungkin bayam adalah salah satu sayur yang sudah sangat sering dikonsumsi. Makanan sehat ini dapat kamu konsumsi karena memiliki nutrisi yang seimbang. Bayam mengandung berbagai macam vitamin. Selain itu, bayam juga rendah kalori yang menjadikannya makanan favorit untuk kamu yang sedang diet.

Kamu dapat mengonsumsi bayam dalam keadaan mentah, di jus, ataupun dimasak sesuai selera kamu seperti ditumis, direbus, dicampurkan dengan salad yang tentunya akan sangat lezat bila dikonsumsi untuk sahur ataupun berbuka. Saat memasak sayur bayam, kamu juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Melansir dari thelist.com, berikut adalah beberapa manfaat sayur bayam yang baik untuk kesahatan kamu. 

Menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit disaat berpuasa sangatlah penting. Bayam mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit. Bukan hanya mengandung antioksidan, tetapi bayam juga mengandung vitamin E dan C. Vitamin E berfungsi sebagai pelindung kulit terhadap kerusakan UV. Sedangkan Vitamin C, membantu kolagen bekerja dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

Kenyang Lebih Lama

Satu cangkir bayam mengandung tiga persen dari nilai serat harian yang direkomendasikan. Tentu sangat pas jika kamu mengonsumsi semangkuk salad bayam disaat sahur. Serat dapat memperlambat pencernaan makanan. Tubuh tidak dapat mencerna serat seperti ia mencerna molekul lain.

Menjaga kesehatan jantung

Sebagai penelitian membuktikan, mengonsumsi bayam setiap hari sangat bagus untuk kesehatan jantung. Glikolipid yang terkandung pada bayam dapat membantu tubuh membuat nitric oksida, vasodilator alami. Nitrit oksida dalam bayam juga berarti kamu akan mengalami penurunan risiko terkena aterosklerosis.

Mencegah diabetes

Disaat berbuka puasa, biasanya sering kali mengonsumsi makanan manis yang berlebih. Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat menjaga gula darah tetap teratur sehingga dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Penting untuk kamu memastikan tubuh mendapatkan magnesium yang cukup. Satu cangkir bayam mengandung enam persen dari nilai harian magnesium kamu.

Membantu merasa lebih bahagia

Selain menjaga kesehatan fisik selama puasa, kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Mengonsumsi bayam setiap hari dapat bisa membantu membuat kamu lebih bahagia. Faktanya, daun hijau dianggap sebagai makanan antidepresan seperti yang dinyatakan oleh sebuah penelitian. Studi tersebut menegaskan bahwa nutrisi berkaitan erat dengan kesehatan otak. Secara khusus, magnesium, yang dapat ditemukan dalam bayam, membantu mencegah depresi.

#ChangeMaker

Penulis: Zhafira Majdina

Simak Video Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading