Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Ayam Teriyaki Empuk yang Cocok untuk Anak-Anak

Fimela.com, Jakarta Daging ayam bisa diolah jadi aneka hidangan dan masakan lezat. Salah satunya adalah diolah menjadi ayam teriyaki. Anak-anak pun umumnya suka dengan olahan ayam teriyaki karena rasanya yang cenderung manis.

Nah, kali ini Fimela akan berbagi info cara membuat hidangan ayam teriyaki yang empuk dan disukai anak-anak. Caranya tidak terlalu rumit, kok. Langsung saja simak di sini.

Gunakan Daging Dada Ayam

Daging dada ayam bila digoreng biasa umumnya akan agak alot. Anak-anak kadang kurang doyan dengan dada ayam goreng karena kesulita menggigit dan mengunyahnya. Namun, untuk olahan ayam teriyaki, kita bisa menggunakan daging dada ayam tanpa tulang. Selain karena kandungan proteinnya tinggi, daging dada ayam juga sangat pas diolah dengan racikan bumbu teriyaki.

Daging Ayam Dimarinasi

Kunci penting untuk membuat olahan daging ayam teriyaki yang empuk adalah daging ayam perlu direndam dalam bumbu marinasi terlebih dahulu. Siapkan bahan-bahannya seperti berikut:

  • 1 potong daging dada ayam tanpa tulang
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdt mentega
  • garam dan biji wijen sangrai secukupnya

Daging ayam yang sudah dicuci bersih, ditaburi garam secukupnya. Tusuk-tusuk permukannya dengan garpu. Siapkan bumbu marinasi yang terdiri dari campuran kecap asin, gula, dan madu. Balurkan bumbu marinasi pada daging ayam. Rendam daging ayam dalam bumbu marinasi selama kurang lebih 30 menit dengan bagian kulit berada di bagian bawah.

Panggang dengan Mentega

Siapkan wajan anti lengket. Cairkan mentega. Masukkan daging ayam dengan kulit di bagian bawah. Tutup wajan. Panggang selama 5 menit dengan api kecil. Kemudian, balik dan tutup kembali. Panggang lagi selama 5 menit dengan api kecil.

Diamkan Daging Ayam selama 5 Menit

Setelah daging ayam cukup matang di kedua bagian sisinya, matikan api. Diamkan daging ayam tetap di dalam wajan dalam keadaan tertutup selama lima menit. Tujuannya agar daging matang sempurna dan teksturnya lebih juicy.

Iris-iris daging ayam dan taburi dengan biji wijen. Sajikan dengan nasi putih hangat. Mudah sekali kan membuatnya? Selamat mencoba!

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

;
Loading