Sukses

Lifestyle

Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Meredakan Nyeri Haid

Fimela.com, Jakarta Pada saat mengalami haid, Sahabat Fimela akan mengalami nyeri perut. Hal ini sangat wajar terjadi pada saat haid.

Nyeri pada saat haid dikarenakan adanya perubahan hormon, yang terjadi selama perempuan haid. Dan bisa mengganggu aktivitas perempuan sehari-hari.

Karena nyeri pada saat haid bisa mengganggu aktivitas, maka banyak perempuan yang mengonsumsi obat pereda nyeri, yang seharusnya tidak baik untuk dikonsumsi.

Sebenarnya tidak harus mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan nyeri. Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan nyeri haid, yang sudah Fimela rangkum dari berbagai sumber:

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai macam zat nutrisi, seperti vitamin dan mineral, yang bisa membantu meredakan nyeri pada saat haid. Kandungan pada sayuran yang terbukti meredakan nyeri haid adalah kalsium, magnesium, dan kalium.

Sahabat Fimela bsia mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan sawi, untuk membantu meredakan nyeri haid. Bagi yang tidak suka mengonsumsi sayur, sayur bisa diolah menjadi jus, atau dibuat menjadi smoothies.

Selain bisa membantu merekan nyeri haid, sayuran juga sangat bagus menjaga kesehatan kulit. Karena selama haid biasanya perempuan akan memiliki masalah kulit jerawat.

Mengonsumsi Yogurt

Yogurt memiki 2 jenis yaitu berbentuk krim dan cair. Sehingga Sahabat Fimela bisa mengonsumsi yogurt, sesuai dengan seleranya. Yogurt memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang, dan memiliki kandungan probiotik, yang sangat bagus melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu yogurt juga mengandung berbagai macam zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Yogurt mengandung vitamin dan mineral, yang bisa membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Yogurt bisa membantu mendetoksifikasi tubuh, sehingga yogurt bisa membantu melancarkan haid, dan tidak menimbulkan rasa nyeri saat haid.

Mengonsumsi Ikan

Pada saat mengalami nyeri haid, konsumsilah ikan yang mengandung omega 3. Karena bisa membantu meredakan nyeri haid.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, bahwa perempuan yang mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3, akan mengalami nyeri haid yang lebih ringan dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi ikan.

Ikan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon, ikan dori dan ikan kakap. Jenis ikan ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

Minum Kunir Asam

Kunir asam sangat baik dikonsumsi saat haid. Kunir asam bisa membantu meredakan nyeri pada saat haid, dan juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada saat haid, otot-otot pada rahim akan mengalami kontraksi, hal ini bisa membuat Sahabat Fimela merasakan nyeri saat haid. Kunir asam memiliki kandungan kurkumin, berfungsi sebagai inflamasi yang mampu meredakan nyeri saat haid. Sehingga minumlah kunir asam sebelum haid.

Kunir asam memiliki sifat analgesik pada kunyit. Sifat ini bisa membantu meredakan nyeri pada bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi hormon penyebab peradangan dan nyeri. Jika kunir asam dikonsumsi secara rutin, kunir asam bisa membantu memperlancar siklus haid. Karena kunir asam mengandung esterogen alami yang melancarkan haid.

Minum Jus Nanas

Nanas merupakan buah sehat, yang memiliki kandungan nutrisi, dan baik dikonsumsi pada saat haid. Buah nanas bisa dikonsumsi secara langsung, dan juga dikonsumsi sebagai jus nanas, untuk membantu meredakan nyeri haid.

Nanas merupakan buah yang dapat meredakan nyeri haid, karena buah nanas mengandung bromelain, yang merupakan enzim yang dapat meredakan peradangan. Selain membantu meredakan peradangan pada saat haid, mengonsumsi buah nanas juga bisa membantu mengatasi ganggaun pencernaan, dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Walaupun buah nanas memiliki banyak manfaat, namun jangan mengonsumsi nanas secara berlebih. Karena mengonsumsi nanas secara berlebih bisa membuat perut menjadi sakit.

Mengonsumsi Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang paling baik dikonsumsi, pada saat diet maupun pada saat haid. Karena buah pisang memiliki banyak nutrisi. Buah pisang biasa dikonsumsi setelah olahraga, karena dapat membantu melemaskan otot yang kaku. Sehingga buah pisang bisa membantu meredakan nyeri saat haid.

Buah pisang mengandung potassium dan vitamin, yang bisa membantu meningkatkan mood pada saat haid, dan juga bisa membantu meredakan rasa nyeri saat haid.

Mengonsumsi buah pisang juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, karena buah pisang mengandung vitamin, yang bisa membantu mencegah timbulnya jerawat saat haid.

;
Loading