Sukses

Lifestyle

Belajar Mengenal Kesehatan Mental Diri Sendiri di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental menjadi salah satu topik yang penting untuk dibahas di tengah pandemi virus Corona saat ini. Pandemi yang terjadi di seluruh dunia ini tentu sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, terutama kesehatan mental.

Dengan terbatasnya aktivitas yang saat ini hanya bisa dilakukan di rumah saja, banyak orang kehilangan pekerjaan. Tidak hanya itu, banyak pemberitaan negatif dan kadang tidak benar membuat masyarakat merasa cemas berlebihan, apa kamu juga merasakannya?

Inilah pentingnya bagi setiap orang untuk lebih mengenal kesehatan mental diri mereka masing-masing. FIMELA baru saja berkenalan dengan Tentrem Ati, platform yang menyediakan trip dengan berbagai aktivitas yang menggunakan pendekatan mindfulness meditation.

Tentrem Ati digagas oleh Yusak Risal, Halida N. Arnaiz, dan Dea Goesti Rizkita. Bermula dari para founder yang pernah merasakan pengalaman bekerja di Jakarta dengan pace yang sangat cepat dan kurang memperhatikan kondisi kesehatan mental diri mereka sendiri, Tentrem Ati menyediakan wadah bagi siapa saja yang ingin beristrirahat sejenak.

Pentingnya mengenal kesehatan mental diri sendiri

Bertempat di Yogyakarta, setiap trip Tentrem Ati akan membawamu ke tempat-tempat baru dengan aktivitas yang menyenangkan. Beberapa aktivitas dalam trip Tentrem Ati yang menarik adalah menanam padi di sawah dan berkebun yang nantinya hasil kebun tersebut akan dijadikan sebagai bahan masakan untuk disantap bersama-sama.

Tujuan dari setiap trip yang dibuat oleh Tentrem Ati adalah agar setiap orang yang mengikutinya bisa lebih mengenal dan menjaga kesehatan mental mereka. Menurut Tentrem Ati, kesehatan memiliki sifat holistik, yang bukan hanya tentang raga, namun juga jiwa, dan keduanya saling berkaitan.

Peserta yang pernah mengikuti trip Tentrem Ati cenderung memiliki masalah yang serupa, yaitu lelah dengan ritme kehidupan yang cepat, memiliki masalah pribadi yang sulit dipecahkan, atau keinginan untuk bisa lebih santai dalam menjalani hari-hari mereka. Apa ini terasa familiar buat kamu, sahabat FIMELA?

Pentingnya mengenal kesehatan mental diri sendiri

Mudahnya melihat keadaan pada diri orang lain juga seringkali menjadi penghalang bagi kita untuk melihat ke dalam diri sendiri. Bersama Tentrem Ati, kamu akan diajak untuk melakukan meditasi dan latihan pernapasan.

Meditasi sering digunakan sebagai sarana untuk lebih mengenal diri sendiri. Di tengah pandemi seperti saat ini, pernahkah kamu mencoba melakukan meditasi?

Meditasi bisa membantumu meredakan rasa cemas yang berlebihan. Sisihkan sedikit waktu luangmu dalam sehari, sekitar 10 sampai 30 menit untuk melakukan meditasi, setidaknya sekali, secara rutin.

Kamu bisa melakukannya di pagi hari setelah bangun tidur atau di malam hari sebelum tidur. Untuk aktivitas Tentrem Ati yang lain, kamu bisa langsung melihat di Instagram resmi mereka.

#ChangeMaker

;
Loading