Sukses

Lifestyle

Kurang Tidur Memengaruhi Aktivitas dan Produktivitas Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Mengubah kebiasaan lama memang tidak mudah. Mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik pun kadang butuh proses yang tak sebentar. Membuat perubahan dalam keseharian dan hidup selalu memiliki perjuangannya sendiri. Melalui Lomba Change My Habit ini Sahabat Fimela berbagi kisah dan tulisannya tentang sudut pandang serta kebiasaan-kebiasaan baru yang dibangun demi hidup yang lebih baik.

***

Oleh: Juwari Candra Dewi

Pola hidup yang baik sangat penting untuk diperhatikan karena akan memengaruhi kesehatan seseorang. Ketidakdisiplinan menjalani pola hidup sehat dalam jangka waktu yang lama bisa mengganggu aktivitas bahkan produktivitas kita sehari-hari. Salah satunya adalah kurang tidur.

Saya memiliki hobi yang sering dilakukan pada malam hari, yaitu nonton film dan menulis dikarenakan pada pagi hingga sore hari sibuk bekerja. Akibatnya pada siang hari terkadang merasa ngantuk dan tentu berimbas pada pekerjaan. Bahkan pada puncaknya merasa cepat letih, lesu, kurang bersemangat, dan susah untuk fokus. Tentu hal ini menimbulkan masalah bagi kesehatan dan membuat aktivitas sehari-hari menjadi berantakan. Fokus yang menurun juga mempengaruhi produktivitas dan menjadi tidak profesional dalam bekerja.

 

Mengubah Jam Tidur

Ketika kondisi kesehatan saya menurun dan sangat memengaruhi pekerjaan dan hubungan sosial dengan orang di sekitar, saya mulai mengubah kebiasaan begadang saya dan tidur sesuai anjuran yaitu kurang lebih 8 jam. Saya mulai disiplin rutin tidur pukul 09.00 dan bangun pukul 04.00-05.00.

Setelah 2-3 hari, perasaan menjadi lebih fresh. Bahkan seminggu kemudian saya sudah bisa merasakan banyak manfaat seperti lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan dan pikiran menjadi lebih positif.

Disiplin adalah kunci untuk memulai kebiasaan baik, hal kecil yang dimulai dengan niat dan dikerjakan secara rutin akan memberikan manfaat yang besar.

 

#ChangeMaker

;
Loading