Sukses

Lifestyle

4 Cara Membuat Tempe Goreng Tepung yang Tidak Melempem

Fimela.com, Jakarta Tempe goreng tepung memang paling pas dinikmati selagi hangat sebab masih terasa renyah. Terkadang tempe goreng tepung yang garing akan berkurang tekstur renyahnya saat sudah dingin. Tapi ternyata kita bisa membuat tempe goreng tepung yang tidak mudah melempem.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Intinya adalah pada komposisi adonan tepung untuk balutan tempe. Selengkapnya langsung simak di sini, ya.

Gunakan Tepung Terigu dan Tepung Sagu

Untuk adonan bisa menggunakan komposisi 250 gram tepung terigu, 6 sdm tepung sagu, 5 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, 1 sdm ketumbar, 3 buah kemiri, dan 1 sdt garam. Semua bahan bumbu dihaluskan dan dicampur dengan tepung serta air secukupnya. Masukkan tempe yang sudah dipotong ke dalam adonan dan diamkan selama sekitar 5 menit sebelum digoreng.

Gunakan Tepung Terigu Protein Rendah, Tepung Beras, dan Tepung Kanji

Kombinasi ketiga jenis tepung itu bisa menghasilkan tekstur yang renyah saat digoreng. Bahan-bahan yang disiapkan bisa meliputi 5 sdm tepung terigu protein rendah, 2 sdm tepung beras, 2 sdm tepung kanji, 1 batang daun bawang, 1/2 sdt bubuk kunyit, 1 sdt merica bubuk, 1 sdm garam, 4 siung bawang putih, dan 1 sdm ketumbar bubuk. Haluskan semua bahan bumbu dan campur dengan semua bahan tepung. Tambahkan air secukupnya. Celupkan tempe ke dalam adonan, lalu goreng. Saat digoreng, tempe cukup sekali balik saja agar tidak menyerap minyak terlalu banyak.

Gunakan Tepung Beras dan Tepung Ketan

Kita bisa membuat adonan untuk balutan tempe yang terdiri dari 4 sdm tepung beras, 2 sdm tepung ketan, 3 siung bawang putih (dihaluskan), 1 butir kemiri, 1 sdt ketumbar, 1 sdt bubuk kunyit, 3 sdt garam, dan 1 sdt kaldu jamur. Campur semua bahan bumbu dan tepung, tambahkan air secukupnya. Celupkan tempe yang sudah diiris, lalu goreng hingga matang.

Gunakan Tepung Tapioka dan Tepung Beras

Bumbu halus yang disiapkan bisa terdiri dari 3 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, 1 ruas kencur, 2 butir kemiri, dan 1 sdt ketumbar. Campurkan bumbu halus dengan 200 gram tepung beras dan 100 gram tepung tapioka. Tambahkan 1 butir telur, daun jeruk yang diiris tipis, garam, dan penyedap rasa. Tambahkan air secukupnya. Simpan adonan di dalam kulkas selama 30 menit. Setelah itu, celupkan tempe yang sudah diiris ke dalam adonan, lalu goreng hingga kecokelatan.

Semoga tips dan infonya bermanfaat, ya. Tempe goreng tepung bisa dijadikan lauk, bisa juga dinikmati sebagai kudapan gorengan sebagai teman minum teh atau kopi. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading