Sukses

Lifestyle

Pesona Indonesia Hadirkan Ragam Surga Dunia yang Memukau Hati

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh: Dianty Rosirda

Indonesia memiliki kekayaan alam yang mempesona. Letaknya yang strategis secara geografis, menjadikan Indonesia memiliki anugerah alam yang melimpah. Indonesia yang terletak di katulistiwa, berada di antara dua benua, dua lautan, dan dua rangkaian pegunungan muda merupakan daerah tropis dengan curah hujan cukup tinggi dan memiliki tanah yang subur.

Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam hayati yang luar biasa. Tercatat terdapat sekitar 400.000 spesies hewan dan tumbuhan yang ada di Indonesia. Spesies hewan yang dimiliki antara lain 707 spesies mamalia, 1.602  spesies burung, 1.112 spesies amfibi dan reptil, 2.800 spesies invertebrata, 35 spesies primata, dan 120 spesies kupu-kupu. Indonesia juga memiliki terumbu karang sepanjang 85.707 km2  atau 14% dari panjang terumbu karang di dunia, sekitar 700 jenis rumput laut, 2.500 jenis moluska, 450 jenis karang batu, 1.400 jenis ekinodermata dan 8.500 spesies ikan atau 45% dari jenis ikan yang ada di dunia. Hal ini menyebabkan Indonesia juga disebut sebagai marine mega diversity.

Indonesia yang Kaya

Dari sekian banyak kekayaan alam Indonesia, terdapat beberapa tempat yang menyembunyikan keindahan tersembunyi. Anugerah Pesona Indonesia menyebut tempat tersebut sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise). Beberapa di antaranya adalah Kabupaten Kepulauan Anambas (Provinsi Kepulauan Riau), Tansaran Bidin (Kabupaten Bener Meriah), Pulau Mursala (Kabupaten Tapanuli Tengah), Gulamo (Kabupaten Kampar), Kellaba Madja (Kabupaten Sabu Raijua), Kepulauan Kei (Kabupaten Maluku Tenggara), Kepulauan Mandeh (Kabupaten Pesisir Selatan), dan Pulau Maratua (Kabupaten Berau).

Meski belum pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut secara langsung, menyaksikan keindahan melalui foto atau video cukup membuat rasa cinta terhadap Indonesia muncul. Indonesia yang kaya. Indonesia yang indah. Indonesia yang subur. Indonesia tercinta. Surga yang tersembunyi di Nusantara tercinta, semoga tetap lestari meski kini atau nanti tak lagi bersembunyi. Begitu bangga menjadi anak Indonesia.

Indonesia Tanah Air Beta

Pusaka Abadi nan Jaya

Indonesia Sejak Dulu Kala

Tetap diuuja-puja Bangsa

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading