Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2020: Kenali Gaslighting, Salah Satu Tanda Toxic Relationship

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sering mendengar soal ketidakcocokkan yang pada akahirnya menjadi akar perpisahan terjadi dalam sebuah hubungan asmara. Namun, manipulas ternyata merupakan salah satu penyebab lain yang juga kerap terjadi dalam toxic relationship

Salah satu jenis manipulasi dalam hubungan asmara adalah gaslighting. Istilah ini belakangan menjadi populer. Namun, sudah tahukah kamu tentang istilah ini? Very Well Family menulis, gaslighting merupakan sebuah manipulasi yang dilakukan dengan cara membalikkan ucapanmu agar kamu mempertanyakan kembali tindakan yang sudah kamu lakukan, sehingga kamu merasa bersalah. 

Situasi ini memang cukup rumit. Apalagi, palaku biasanya melakukannya dengan smooth sehingga kamu justru tidak menyadari sedang dimanipulasi. Tujuan si palaku biasanya untuk menjebakmu dalam hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship dengan berbagai cara. 

5 Taktik yang Sering Dilakukan Pelaku Gaslighting

Dilansir dari sumber yang sama, ada beberapa taktik yang dilakukan pelaku demi memanipulasi pasangan. Antara lain: 

  1. Berbohong: biasanya orang yang suka gaslighting sering sekali berbohong dan konsisten untuk mempertahankan kebohongan tersebut. 
  2. Menyebarkan kabar buruk: biasanya, mereka juga suka menyebarkan kabar buruk tentang dirimu kepada orang lain, seperti mengatakan kalau kamu terlalu emosional dan baperan. 
  3. Tidak mengakui kesalahan: jika ketahuan salah, biasanya mereka tidak akan mengaku. 
  4. Menyalahkan: Ketika ditanya tentang kesalahan yang dia lakukan, bukannya minta maaf dan bertanggung jawab, tapi justru menyalahkanmu dengan segala macam cara, sehingga kamu justru merasa bersalah. 
  5. Bikin kamu merasa sensitif: mereka akan memanipulasimu sehingga kamu justru merasa bingung, apakah kamu yang salah, atau kamu yang terlalu sensitif, dan akhirnya tetap terjebak di sebuah toxic relationship. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading