Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet yang Gurih dan Lebih Terasa

Fimela.com, Jakarta Saat sedang punya acara di rumah atau ingin menyajikan menu nasi yang berbeda dari biasanya, mungkin kamu perlu mencoba membuat nasi liwet. Nasi liwet adalah salah satu jenis olahan nasi gurih dengan berbagai macam bumbu sehingga nasi sudah enak dimakan begitu saja tanpa lauk.

Namun seringkali orang bingung bagaimana caranya membuat bumbu nasi liwet yang enak disantap. Memang dibutuhkan beberapa trik agak bisa membuat nasi liwet yang enak, ini beberapa cara yang bisa diterapkan.

1. Gunakan beras berkualitas

Agar bisa menghasilkan nasi liwet yang enak dan nasinya tidak keras atau bisa lembut di mulut, pilih beras yang berkualitas. Ada banyak jenis beras, gunakan beras yang butirannya tidak kusam dan jenis yang punel. Ketika matang, nasi akan bertekstur empuk dan lembut di mulut.

2. Jangan pelit bumbu

Bumbu yang harus ada ketika membuat nasi liwet adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah iris, serai, daun salam dan teri. Beberapa orang juga menambahkan lengkuas untuk cita rasa yang lebih kaya. Memarkan serai dan lengkuas sebelum dimasak bersama bumbu lain.

3. Goreng dulu bumbu

Rasa bumbu akan lebih keluar jika digoreng dulu bumbu sebelum dimasak bersama nasi. Untuk bumbu cabai merah, bawang merah dan bawang putih, bisa dihaluskan atau diiris tipis dan digoreng hingga kecokelatan. Masukkan semua bumbu tersebut ke dalam beras yang akan ditanak. Tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya untuk memberikan rasa.

4. Tambahkan santan

Untuk cita rasa lebih gurih dan sedap, jangan hanya memasak nasi liwet menggunakan air biasa, tambahkan santan agar aromanya lebih enak dan nikmat. Santan juga membuat nasi lebih lembut dan empuk saat dimakan.

Nah, itu dia sekian cara membuat bumbu nasi liwet lebih gurih. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dan Resep Olahan Ikan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit