Sukses

Health

5 Efek Samping Mengonsumsi Telur Ayam yang Berlebihan, Salah Satunya Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Telur ayam adalah salah satu produk hewani yang sering dikonsumsi setiap harinya. Selain dijual dengan harganya yang terjangkau, telur ayam sangat mudah dan praktis untuk diolah. Sehingga telur ayam menjadi salah satu bahan masakan yang digemari banyak orang.

Telur ayam bisa dijadikan sebagai bahan membuat kue, puding, lauk atau minuman. Telur dapat dikonsumsi dengan cara direbus, digoreng dan secara mentah. Walaupun memiliki rasa yang enak dan diperkaya dengan kandungan yang tinggi protein, tetapi terlalu banyak mengonsumsi telur ayam sangat berisiko untuk tubuh.

Telur ayam memiliki beberapa kandungan yang kurang baik untuk tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Berikut efek samping terlalu banyak mengonsumsi telur ayam:

Kandungan Telur Ayam

Telur ayam adalah bahan pangan yang diperkaya dengan protein. Selain itu, di dalam telur ayam juga memiliki kandungan seperti vitamin dan mineral, yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut kandungan yang terdapat di dalam telur ayam:

  1. Vitamin A: Telur ayam diperkaya dengan vitamin A, yang bisa menjaga kesehatan mata, menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.
  2. Vitamin B2: Memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem penglihatan, menambah energi, menguatkan sistem saraf dan meningkatkan sel darah merah.
  3. Vitamin D: Telur ayam memiliki kandungan 82persen vitamin D, yang bermanfaat untuk menguatkan tulang, menyehatkan gigi, meningkatkan fungsi otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Vitamin E: Vitamin E yang bersifat antioksidan di dalam telur ayam, memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempertajam penglihatan.
  5. Zat Besi: Zat besi merupakan mineral yang terdapat di dalam telur ayam, yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan energi agar tidak mudah lelah, serta meningkatkan kualitas tidur.
  6. Fosfor: Telur ayam mengandung fosfor, yang bisa menjaga kesehatan gigi, menguatkan tulang, meningkatkan energi dan menguatkan otot.
  7. Folat: Folat yang terkandung di dalam telur ayam, membantu meningkatkan produksi sel imun, meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan janin dan menguatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Telur

1. Menyebabkan Penyakit Jantung

Terlalu banyak mengonsumsi telur ayam, berisiko menyebabkan penyakit jantung pada orang dewasa, bahkan bisa menyebabkan kematian. Karena telur bisa meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Diabetes

Telur ayam mengandung kolesterol dan lemak, yang dapat memberikan efek samping diabetes tipe dua pada orang dewasa. Terlalu banyak mengonsumsi telur ayam, dapat meningkatkan 55% risiko diabetes pada lelaki dan 77% pada perempuan.

3. Keracunan

Di dalam telur ayam terdapat bakteri salmonella, yang terdapat di dalam cangkang telur dan putih telur. Terlalu sering mengonsumsi telur ayam bisa menyebabkan keracunan bakteri salmonella, yang ditandai dengan perut kembung dan diare selama 72jam.

4. Menimbulkan Jerawat

Bagi sebagian orang, terlalu banyak mengonsumsi telur ayam bisa menyebabkan jerawat. Karena telur ayam dapat meningkatkan produksi minyak, yang bisa menyumbat pori-pori wajah, mengundang bakteri dan membuat wajah menjadi berkomedo, yang memicu munculnya jerawat di wajah.

5. Hormon Menjadi Tidak Seimbang

Efek samping yang terakhir yaitu menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang. Karena pada dasarnya ayam petelur diberikan suntikan hormon, yang dapat membahayakan keseimbangan hormon di dalam tubuh manusia.

Anjuran Mengonsumsi Telur

Kalau kamu tidak memiliki alergi khusus terhadap telur, sebenarnya tidak akan masalah jika mengonsumsi telur ayam. Karena telur ayam bisa mencukupi kebutuhan nutrisi protein hewani untuk tubuh.

Telur ayam tidak dianjurkan mengonsumsi telur ayam secara berlebihan. Walaupun telur ayam memiliki rasa yang enak, tetapi telur ayam hanya boleh dikonsumsi kurang lebih 40 butir dalam sebulan.

Apalagi jika kamu seorang olahragawan, yang membutuhkan telur untuk membentuk otot. Kamu bisa mengonsumsi telur ayam maksimal 5 butir dalam sehari, agar terhindar dari risiko berbahaya yang disebabkan oleh bakteri salmonella dan kolesterol di dalam telur ayam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading