Sukses

Lifestyle

Bahaya Tidur Siang Terlalu Lama bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Aktivitas yang padat kerap membuat banyak orang melewatkan tidur siang. Padahal, tidur siang memiliki manfaat yang beragam, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Melansir dari Mayo Clinic, beberapa manfaat yang didapat dari tidur siang di antaranya dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, mengurangi kelelahan, hingga mengembalikan energi setelah beraktivitas seharian.

Kendati demikian, tidur siang tidak boleh dilakukan terlalu lama. Sebab, tidur siang yang berlebihan justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Spesialis kesehatan tidur, Nancy Foldvary-Schaefer, DO, MS, mejelaskan bahwa tidur siang yang sebaiknya dilakukan oleh orang dewasa adalah tidur siang singkat kurang dari sejam.

"Tidur siang boleh-boleh saja. Tetapi sebaiknya dilakukan kurang dari satu jam, yaitu selama 15 hingga 20 menit," ucapnya, dilansir Cleveland Clinic.

 

 

Tidur siang terlalu lama dapat menyebabkan sleep inertia

Menurutnya, jika tidur siang sejam atau lebih hanya akan meningkatkan risiko seseorang untuk tertidur lelap.

Jika hal ini terjadi, maka seseorang akan bangun tidur dalam keadaan "sleep inertia". Sleep inertia merupakan istilah yang mengacu pada kondisi ketika seseorang bangun tidur dalam keadaan linglung dan uring-uringan.

Seseorang yang mengalami sleep inertia umumnya juga akan lupa waktu, lupa hari, dan tidak tahu di mana ia berada. Alih-alih menyegarkan tubuh, tidur siang justru membuat seseorang merasa kelelahan. Lebih buruk lagi, seseorang yang tidur siang terlalu lama mungkin akan menciptakan "hutang tidur."

Pada titik tertentu, mereka akan berada dalam kondisi yang mengharuskan untuk tidur kembali. "Jika Anda membiarkan diri Anda tertidur hutang itu terlalu dini di siang hari, Anda akan kesulitan tidur di malam hari," ujar Nancy. Sementara jika waktu tidur malam terganggu, pada gilirannya bisa menyebabkan masalah tidur kronis. Bagaimana cara terbaik untuk tidur siang?

Untuk mencegah kemungkinan mengalami sleep inertia, berikut tips tidur siang yang aman dan nyaman

1. Tidur di siang dini

Selain memperhatikan durasi tidur, Nancy juga menyarankan orang-orang untuk memperhatikan waktu tidur siang yang baik. Menurut dia, sebaiknya tidur siang dilakukan sebelum jam 2 siang agar tidak mengganggu waktu tidur malam.

2. Ciptakan lingkungan yang tenang

Agar waktu tidurmu menjadi lebih maksimal, tidurlah di tempat yang sunyi dan gelap dengan suhu yang nyaman dan sedikit gangguan. Dengan begitu, kamu akan bangun dalam keadaaan segar dan ringan.

Setelah tidur siang, berikan dirimu waktu untuk bangun sebelum melanjutkan aktivitas, terutama yang memerlukan respons cepat atau tajam.

 

*Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Susah Tidur selama Pandemi, Milenial Wajib Coba Kebiasaan Baby Boomer Ini
Artikel Selanjutnya
Ustad Maulana Bahas Pentingnya Tidur di Kasur Halal dan Beri Tips Tidur Menurut Islam