Sukses

Lifestyle

5 Tips Memotret Makanan Sebelum 'Di-posting' ke Instagram

Fimela.com, Jakarta Selain selfie, kini, mem-posting foto makanan ke akun media sosial rasanya bukan lagi hal asing. Beberapa orang mengunggah foto makanan ke media sosial, khususnya Instagram, untuk memberi review atau ulasan mengenai sebuah restoran, menu makanan, dan harga. Namun, tak jarang pula orang mengunggah foto makanan dengan maksud pamer, hehehe.

Apapun maksudnya, saat foto makanan di Instagram banyak yang nge-love, pasti ada rasa kebanggan tersendiri bagi si pemilik akun. Tandanya, foto makanan yang di-posting menarik perhatian dan memiliki daya pikat secara visual bagi yang melihat. Lalu, bagaimana kalau foto makananmu hanya sedikit yang kasih love? Hmm mungkin kamu kurang memperhatikan tata visual.

Menurut Anna Lee, Professional Food Stylish asal Santa Monica, California, ada 5 hal yang harus diperhatikan sebelum nge-posting makanan agar menarik perhatian khalayak. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Tambahkan bahan-bahan secara terpisah. Jika kamu ingin memfoto salad, pastikan kamu menatanya secara baik. Pisahkan buah-buahan dan sayuran. Lalu, tempatkan pada piring, letakkan buah-buahan di atas sayuran jarang-jarang, kemudian siram dengan saus.  Lihat gambar GIF berikut ini biar lebih jelas.

2. Berpikir seperti kamera. Jika makanan yang kamu foto memiliki beberapa unsur warna. Pastikan komposisi warnanya seimbang. Misalnya, kamu ingin memotret mie dengan daging dan brokoli, jangan biarkan daging dan brokoli bercampur dalam satu area. Pisahkan mereka dengan keseimbangan warna yang ada.

3. Semprot dan sikat. Pastikan foto makanan yang kamu posting terlihat segar. Jika sudah tidak segar, semprot makanan dengan air matang. Jika makanan berupa daging atau bakso, kamu bisa mengoleskannya dengan minyak sayur sebelum difoto.

4. Buat ketidaksempurnaan. Meski tampilan harus sedap dipandang mata, bukan berarti kamu tidak bisa memberikan sentuhan berantakan di foto. Jika kamu ingin memotret cookies, tak ada salahnya kamu menaburi remah-remah cookies di pinggiran piringnya.

5. Berikan garnish. Di atas soup cream, kamu bisa memberikan minyak zaitun dan sedikit krim juga daun seledri untuk membuatnya terlihat lebih manis.

Itulah yang harus kamu perhatikan sebelum mem-posting makanan di Instagram. Sudahkah kamu melakukan 5 hal di atas?

Baca juga: 7 Trik 'Selfie' Agar Foto di Instagram-mu Banyak yang 'Nge-Love'

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading