Sukses

Lifestyle

Ketahui 7 Kondisi Kuku yang Mencerminkan Kesehatanmu

Fimela.com, Jakarta Saat satu bagian tubuh bermasalah, biasanya bagian tubuh lainnya akan bertindak sebagai penunjuk gejala. Mata, adalah salah satunya. Penyakit kuning alias lever bisa terlihat dari mata yang menguning. Selain itu, rambut pun juga memiliki peran dalam menunjukkan suatu penyakit.

Lebih dari dua bagian tersebut, [kuku](2284903 "") juga bisa jadi salah satu hal yang mencerminkan kesehatanmu. Maka dari itu, jangan anggap remeh kondisi kuku yang menurutmu terlihat nggak wajar. Berikut 7 kondisi kuku yang bisa jadi tanda permasalahan pada bagian tubuhmu yang lain. Cekidot!

Kuku berwarna kuning. Kuku kuning dapat didasari karena beberapa faktor. Jika kamu adalah seorang perokok, jangan heran apabila kukumu kuning. Ini adalah efek dari zat-zat yang kamu hisap. Selain itu, faktor usia dan penggunaan cat kuku yang terlalu lama juga bisa membuat kuku berwarna kuning. 

 Kuku berwarna kuning. (Via: salud.facilisimo.com)

Kuku kering, retak, dan rapuh. Jika kamu mengalami masalah kuku ini, bisa jadi kukumu terkena air terlalu lama, misalnya mencuci piring tanpa sarung tangan, atau terlalu sering menggunakan cat kuku. Penyebab lainnya mungkin kukumu sering terpapar bahan kimia. Usia pun tak menutup kemungkinan kukumu memiliki masalah ini. Apabila rapuhnya kukumu berlangsung lama atau berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter.

Kuku kering, retak, dan rapuh. (Via: www.deccanchronicle.com) 

Kuku bengkak. Hati-hati, kuku yang cenderung menyembul dan terlihat menyerupai bengkak bisa jadi tanda tubuhmu terjangkit penyakit hati atau ginjal. Untuk lebih lanjut, segera hubungi dokter.

Kuku bengkak. (Via: wow.bzi.ro)

Kuku bintik-bintik putih. Beberapa orang mengaitkan kondisi ini sebagai bentuk dari kekurangan kalsium. Namun John Anthony, MD, seorang dermatologis di Cleveland Clinic Ohio mengatakan kalau bintik-bintik putih biasanya terjadi karena trauma minor, seperti terjepit sesuatu. Umumnya kondisi ini nggak ada hubungannya dengan kalsium.

Kuku bintik-bintik putih. (Via: www.guyaneseroots.com) 

Kuku bergelombang horizontal. Kondisi kuku seperti ini bisa jadi sebagai gejala penyakit serius. Faktor lainnya yaitu karena disebabkan oleh reaksi obat, misalnya jika setelah menjalani kemoterapi.

Kuku bergelombang horizontal. (Via: earthologysolutions.wordpress.com)

Kuku sendok (cekung). Kuku sendok bisa terlihat dari kondisi kuku yang permukannya cekung. Hal ini bisa jadi tanda kamu kekurangan zat besi atau anemia. Debra Jaliman, MD, seorang dermatologis yang berdomisili di New York mengatakan bahwa kondisi ini bisa diatasi dengan konsumsi suplemen zat besi.

Kuku sendok (cekung). (Via: studyblue.com)

Kuku bergaris hitam dan sakit saat tumbuh. Jika kamu mengalami kondisi kuku ini, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi, noda hitam dan pertumbuhan kuku yang menyakitkan tersebut adalah gejala melanoma, kanker kulit.

Kuku hitam dan tumbuh sakit. (Via: webmd.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading