Sukses

Lifestyle

30 Contoh Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya Part 3

Fimela.com, Jakarta Mengingat obat kimiawi memiliki efek samping dan hanya meredam penyakit, bukan menyembuhkan secara total dan tuntas, Health.com menyebutkan obat herbal lebih baik dikonsumsi. Hidupmu akan terasa lebih mudah lagi kalau kamu punya tanamannya di pekarangan rumah. Namanya tanaman apotek hidup

Ada banyak sekali jenis tanaman apotek hidup. Mulai dari sayuran, buah, hingga bumbu-bumbu dan tanaman lain yang berkhasiat. Sebelumnya, pada part 1 dan 2, Bintang.com sudah memberikan beberapa tanaman obat yang berkhasiat, termasuk buah. Tapi, ternyata masih ada banyak lagi tanaman obat yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Apa saja?

1. Misai Kucing: Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kencing manis, kolesterol tinggi, darah tinggi, lemah jantung, ginjal, dan otot yang kejang. 

Misai Kucing | via: bosland.com.my

2. Stevia: Selain misai kucing, stevia juga bisa untuk menyembuhkan kencing manis dan darah tinggi. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mneghilangkan pedih ulu hati, radang gusi, kurang berat badan. 

Stevia | via:

3. Daun mangkokan: Daun yang kerap ditemukan di pinggir-pinggir jalan ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan radang payudara, rambut rontok, dan susah kencing. 

Daun Mangkokan | via: jurnalasia.com

4. Pandan: Daun yang wangi ini ternyata berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi, mematikan kuman dalam darah, dan juga menghaluskan kulit. 

Daun Pandan | via: SEHAT Sukses

5. Srikaya: Buat kamu yang sulit buang air besar, lebih baik makan buah ini. Selain itu, srikaya juga ampuh menurunkan kadar asam urat, darah tinggi, meredakan batuk, dan diare. 

Srikaya | via: amazing grow

6. Sereh: Sereh ternyata bisa membantu penyembuhan pasien kanker. Caranya, minum hingga 8 gelas air rendaman sereh, sebelum melakukan kemoterapi. 

Sereh | via: youtube.com

7. Tebu Gajah: Tanaman ini berkhasiat untuk membuat pasiet atau orang sakit menjadi bertenaga kembali. Selain itu, juga berkhasiat untuk menghilangkan keputihan. 

Tebu Gajah | via: hutbunbondowoso

8. Tanaman Ciplukan: Meski namanya aneh, tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan kanker paru-paru. Caranya dengan meminum air rebusan daun, batang, dan akar tanaman ciplukan ini.

Tanaman Ciplukan | via: tumbuhan berkhasiat

9. Daun sisik naga: Siapa sangka, tanaman dengan bentuk daun dan nama yang aneh ini ternyata telah lama digunakan untuk obat kanker payudara. Rebus daun ini kemudian diminum setengah gelas 2 kali sehari.

Daun Sisik Naga | via: sukabumikota.go.id

10. Biji jali kering: Biji tanaman jali yang dikeringkan ini ternyata sangat ampuh untuk menyembuhkan kanker mulut rahim. Caranya mudah. Tinggal rebus biji jali kering dan kemudian minum satu gelas, dua kali sehari. Itu dia tanaman apotek hidup yang bisa kamu tanam dan manfaatkan untuk kesehatan. 

Biji Jali Kering | via: Ahsanfile.Com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading