Sukses

Lifestyle

Cara Menghindari Pengeluaran Paksa Saat Penerbangan Overbooked

Fimela.com, Jakarta Penghematan waktu mungkin jadi alasan sebagian orang menggunakan jasa pesawat terbang untuk berpindah dari satu ke tempat lainnya. Di samping itu, terdapat pula beberapa keunggulan lain penggunaan transportasi yang satu ini.

Namun demikian, kamu juga jangan tutup mata pada deretan kekurangan yang turut serta dalam penggunaan pesawat terbang sebagai transportasi. Selain risiko keselamatan yang lumayan tinggi, perjalanan udara juga masih menyimpan sejumlah 'cacat' dalam operasionalnya. Di antara beberapa, kamu mungkin sudah familiar dengan overbooking.

Kasus tersebut merupakan kondisi di mana maskapai menerima pemesanan melebihi kapasitas yang tersedia dalam satu penerbangan. Bila overbooking terjadi, maka salah satu solusinya, yakni mengeluarkan penumpang sejumlah kehendak maskapai secara paksa, lantaran tak ada sukarelawan. Jadi bagaimana cara menghindari pengeluaran paksa saat penerbangan overbooking? Berikut tipsnya menurut Skyscanner.

Jangan sampai jadi korban overbooking! (Sumber Foto: Tumblr)

Pertama, baca dengan jelas peraturan pengangkutan penumpang dari maskapai yang kamu naiki. Biasanya terdapat sejumlah syarat dan ketentuan penerbangan yang seringkali disetujui tanpa dibaca lebih dulu. Jadi, sebaiknya kamu membaca peraturan-peraturan tersebut sebelum melakukan pemesanan, agar tahu hakmu saat kejadian macam ini berlangsung.

Kedua, pesanlah tiket fleksibel dan bukan promo. Penumpang dengan tiket fleksibel biasanya masuk dalam daftar prioritas maskapai jika overbooking terjadi. Sehingga, kemungkinan terpilih menjadi 'sukarelawan' terbilang kecil karena kamu punya hak-hak yang lebih istimewa ketimbang penumpang bertiket promo.

Check In Lebih Awal

Ketiga, check in lebih awal. Memang bukan jaminan bukan kamu yang akan 'dikorbankan' ketika overbooking terjadi. Namun, check in lebih awal dianggap memberi tanda pada maskapai kalau kamu benar-benar serius dan butuh berada dalam penerbangan tersebut. Jadi, mungkin saja kamu akan masuk daftar penumpang prioritas maskapai.

Jangan sampai jadi korban overbooking! (Sumber Foto: Getty)

Keempat, ikuti program loyalitas pelanggan maskapai. Jika tergabung dalam program loyalitas pelanggan maskapai, bukan saja bisa mendapatkan sejumlah manfaat, tapi kamu juga punya kemungkinan terhindar jadi 'korban' jika overbooking terjadi

Kelima, terbang dalam kelas bisnis. Hampir sama seperti keanggotaan maskapai, jika kamu terbang dalam kelas bisnis, maka sudah hampir pasti kamu akan terhindar dari hal semacam overbooking dalam penerbangan. Pasalnya, maskapai sudah pasti akan menjadikanmu tamu prioritas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading